Honda Vario Bertampang Bumblebee Peraih The King di Ajang Manado Auto Contest 2019

2572
sss

OtomotifZone.com – Manado. Tampilan dari Honda Vario 125 yang sudah berubah total ini, memang terinspirasi dari tokoh robot berkarakter lucu dan tengil dalam film fiksi Transformers. Adalah robot bernama Bumblebee yang jadi pilihan bagi Charles Wawolangi, punggawa dari rumah modifikasi R1 Motorsport di Jl. Wolter
Monginsidi, Bahu Manado, Sulawesi Utara.

New RC3 Products
honda vario

Disimak dari konsep yang diterapkan kali ini benar-benar tidak menyisakan tampang asli bawaan Vario pada semua bagian karena telah dipermak habis dan hanya di area arm alias dudukan pemegang mesin saja. Bagian dari rangka atau frame tubullar di ganti baru dari bahan pipa seamless diameter pipa 1,3/4 dan ½ inch. Ada ciri tersendiri dari Vario semi sport ini berupa lengan pemegang dudukan roda yang hanya ada di sisi sebelah kanan.

Untuk tema konsep dari tokoh robot berkelir dominan Kuning ini memang sengaja dipilih sebagai acuan untuk diterapkan pada skutik rakitan tahun 2016 tersebut dalam mengikuti ajang Manado Auto Contest (MAC) yang berlangsung di Manado Town Square (Mantos) pada pekan lalu (3-6/10).

BACA JUGA : Tampil Maksi Dengan Budget Minim, Modifikasi Honda Win Ini Justru Masuk Nominasi

Agar fungsi roda bisa maksimal saat berbelok, konstruksinya meniru ala suspensi mobil, sehingga ada semacam tie rod dan ball joint, serta hampir di keseluruhan bodinya di desain ulang lagi dengan bodi dari serat fiber yang menyesuaikan pula dengan dimensi tangki copotan Honda CBR 150 versi lama dan terakhir seluruh bodi serta sasisnya di lapisi cairan cat berwarna Yellow Lemon dan kena sentuh airbrush motif realis dengan konsep techno.

“Bagian yang diambil dari Vario hanya diambil mesin saja, selebihnya custom, kecuali tangki punya CBR 150R lama,” tutur Haryanto, mekanik R1 Motorsport yang merakit tampilam modif model Bumblebee ini dengan habiskan waktu selama 1 bulan.

Untuk pembuatan modif ini Anto menggunakan bahan sasis dari pipa 1 inch, 3/4 inch dan 1/2 inci, yang dibentuk dengan model mirip huruf X. Menurutnya yang terbilang rumit adalah konstruksi di bagian roda depan, karena bukan pakai teleskopik, namun model mono arm. “Untuk bentuknya terinspirasi dari motor Italia, seperti Bimota,” sebut Anto.

Hasilnya pun sangat memuaskan karena skutik ini langsung dinobatkan sebagai The King alias yang terbaik setelah unggul pula di kelas X-treme kategori matik di gelaran paling mewah dan spektakuler di kota Manado ini.

Data Modifikasi :

– Tangki : Honda CBR 150R Thailand
– Stir : PSM
– Frame tubular : Pipa seamless 1,3/4,1/2 inch
– Sok depan : ESA
– Velek depan / belakang : Yamaha Aerox 155 variasi
– Ban depan / belakang : Zeneos 120/70-14 & 150/60-14
– Handle rem : Brembo
– Knalpot : Yoshimura custom
– Cat : Stilgloss
– Clear : Blinken MS 505
– Modifikator / Brusher : Anto & Enda

Penulis / Foto : Alpacino

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here