Indahnya Sirkuit Jakabaring Palembang Yang Dibangun Mengitari Danau

0
15122
sss

OtomotifZone.com – Palembang. Saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan tengah menyiapkan grand design Sirkuit Jakabaring. Sirkuit yang dirancang designer terkenal dunia Helman Tilke disiapkan untuk bisa menggelar MotoGP 2018. Rancangan luarbiasa, trek sepanjang 4,2 kilometer mengitari danau. Indah dipandang.

Master Plan Sirkuit Jakabaring Palembang
Master Plan Sirkuit Jakabaring Palembang

Di atas lahan seluas 120 hektar milik Pemprov Sumsel, sirkuit memiliki 14 tikungan dengan lintasan lurus sepanjang 750 meter. Kabarnya pembangunan sirkuit tersebut membutuhkan dana sebesar Rp.600 miliar dan akan segera dibangun awal 2017.

Kepastian ini disampaikan Basyaruddin Akhmad selaku Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Prov. Sumsel. “Ya, pihak Dorna Sport sudah menyetujui. Kita sedang menunggu investor untuk pembangunan. Pihak Pemprov Sumsel hanya menyediakan lahan,” ungkap Basyaruddin.

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin sebelumnya telah diundang oleh Dorna ke Sepang Malaysia saat gelaran MotoGP. Kehadiran gubernur untuk membahas pembangunan sirkuit yang kelak menjadi kebanggaan di Palembang tersebut.

Alex Noerdin berupaya agar Sumatera Selatan bisa menggelar kejuaraan balap dunia bergengsi MotoGP tahun 2018. Salah satu alasannya, semakin ramainya Sumsel dikunjungi, maka perekonomian masyarakat akan meningkat terutama usaha kecil menengah semakin berkembang.

Apalagi didukung akomodasi di kawasan olahraga Jakabaring yang lengkap. Jalur kereta api ringan atau LRT sedang dibangun, wisma atlet dan apartemen tersedia. Semuanya menjadi pendukung terlaksananya kejuaraan balap internasional dan nasional.

Sementara itu, Yudiansyah selaku Koordinator Persiapan Pembangunan Sirkuit MotoGP Jakabaring Palembang menyebutkan dalam areal sirkuit ada dua danau kecil. Lintasan lainnya berada di sisi danau besar yang digunakan tempat kejuaraan ski air SEA Games 2018.

“Masterplan dan pra desain sirkuit sudah selesai. Tilke Consultants akan datang ke Palembang untuk kumpulkan data teknis guna selesaikan DED dan RAB yang diharapkan rampung pertengahan Februari. Ini dilaksanakan paralel dengan penyiapan dokumen pendukung lainnya dan perizinan,” beber Yudiansyah.

Setelah selesai seluruh administrasi persiapan, skema selanjutnya investor dapat segera melaksanakan pembangunan yang ditargetkan Maret 2017. “Investor banyak yang berminat. Terkait skema juga, kami belum bisa bicara lugas karena masih mencari skema investasi dengan administrasi cepat, namun tetap dalam koridor peraturan perundangan yang berlaku,” pungkas Yudi.
Penulis: Noverry | Foto: Yudiansyah

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.