Ini Dia Wanita Pertama di Kota Rusa, Yang Punya Bakat Serba Bisa di Dunia Otomotif

0
853
sss

OtomotifZone.Com – Merauke. Tidak sedikit wanita di Bumi Pertiwi ini yang dapat mencicipi kebiasaan ataupun pekerjaan kaum pria dalam menyalurkan hobi otomotif seperti menjadi pembalap maupun mencoba wirausaha perbengkelan dan yang lainnya. Kenalin nih, Rita Pralita Ningrum, wanita tangguh kelahiran asli Merauke tahun 1986 silam, yang agak berbeda dari wanita kebanyakan lainnya di kota Rusa tersebut. Bisa di bilang Rita ini termasuk wanita pertama di Bumi Cendrawasih yang punya bakat serba bisa di dunia otomotif.

Ibu dari 1 anak ini telah lama mendalami hobi otomotif apalagi dengan profesi yang justru lebih condong dilakukan bagi kaum pria, yakni sebagai mekanik, pembalap, modifikator dan bahkan sering pula di daulat jadi juri di ajang kontes modifikasi di kota Merauke loh.

Talenta yang dimiliki Rita ini memang sudah menurun dari keluarganya terutama banyak menimba ilmu dan pengalaman dari sang Paman, yang berprofesi sebagai mekanik dan cukup getol dalam oprek motor atau modifikasi.

Awal mula Rita menekuni keseriusannya di bidang otomotif ini bermula pada tahun 2006 hingga 2013 lalu, sebagai mekanik di dua dealer ternama yang ada di Merauke. Setelah dirasa cukup mendapat pengalaman, Rita pun lantas resign atau keluar dari tempatnya bekerja. Dan tahun 2014 mencoba untuk membuka bengkel sendiri yang bertempat di Jl. Angkasa 1, Kelapa 5, Merauke.

Di bengkel berukuran 7×9 meter ini, Rita seolah lebih leluasa untuk dapat melampiaskan hobinya dengan menggarap motor konsumen mulai dari bedah mesin semua merk pabrikan roda dua hingga menerima tantangan dalam memodifikasi motor yang ekstrim sekalipun di lakukannya sendiri. Tidak sampai disitu saja, ibu dari putra bernama Prince Araya Damiri ini rupanya juga sempat menjalani profesi lain yakni menjadi lady racer alias pembalap meski sudah lama gantung wearpack, helm, sepatu dan sarung tangan ini di tahun 2009.

Kini Rita menjadi mentor bagi para lady racer muda yang baru di kota Rusa, Merauke dan juga aktif dalam membantu peran Korwil IMI Merauke saat ada event balap yaitu sebagai petugas pemeriksa teknik motor atau scrut. Pengalaman lainnya sebagai juri di ajang kontes modifikasi dan sempat pula turut mendampingi penulis saat gelaran kontes di tahun 2016 silam yang kemudian menjadi awal perkenalan dengan sosok wanita tangguh bernama Rita ini.

“Berbekal pengalaman sebagai tekhnisi di dealer jadi awal dari perjalanan karir saya di dalam mengembangkan bakat ini. Lalu saya putuskan buka usaha kecil sendiri dan sampai sekarang di bantu oleh sang adik juga keponakan yang terima jasa servis harian, korek mesin, dan modifikasi. Peran paman banyak berjasa dan membantu saya selama ini,” ungkap Rita kepada penulis.

Wanita berambut pendek dan berkacamata ini juga menambahkan. “Saya berharap di Papua ini akan banyak lagi para wanita lainnya yang bisa bekerja atau berprofesi seperti saya. Asalkan jangan malu kalau harus sampai kotor-kotoran seperti ini selama itu halal. Apalagi setelah kerja di bengkel masih bisa juga kok dandan cantik di salon lalu mengurusi kewajiban sebagai ibu rumah tangga,” ucap Rita seraya berpromosi mengenai bengkel dan salon miliknya ini.

Bagi sobat otozoners yang penasaran dan ingin merasakan hasil kreatif tangan dingin Rita ini, bisa langsung singgah ke Umega Motor Workshop & Salon, yang ada di alamat tercantum di atas atau kontak di nomer 0852-4474-3105.

Penulis : Alpacino | Foto : Istimewa

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.