Jadikan BMX CUB Keren Harga Kantong Pelajar Ala BODISA

0
685
sss

OtomotifZone.com – Banten. Pada sebelumnya ada artikel mengenai kesibukan BODISA membuat motor BMX Cub. Memang Bodisa lebih dikenal sebagai penyelenggara event balap tanah air asal Tangerang Selatan. Tapi diluar kesibukan itu, H. Bahrudin memiliki bengkel yang dia kelola untuk dirinya.

Sebenarnya tidak hanya bengkel modifikasi saja. Beberapa pengerjaan mesin motor seperti motor balap juga dia tangani. Tapi kali ini dirinya sedang disibukan dengan memodifikasi motor berbentuk sepeda atau lebih dikenal BMX Cub.

Jenisnya macam macam dan jenis mesin yang digunakan juga berfariasi. Tapi penulis sempat naksir dengan satu motor yang H. Bahrudin kerjakan. Yaitu jenis BMX Cub dengan mesin berbasis Suzuki. Selain tampilan warna yang mencolok dengan menerapkan jenis chrome, motor ini memiliki tarikan aduhay.

Setelah penulis telusuri ternyata mesin motor Suzuki Arashi ditempelkan oleh pria yang menjabat sebagai ketua harian IMI Tangerang Selatan itu. Dari basic mesin 125 cc dengan modifikasi mesin sedikit untuk menambah power bawah mesin.

“ Untuk motor ini saya gunakan mesin Suzuki Arashi. Sebenarnya saya ada yang mesin supra, ini saya pakai arasi dengan basic mesin 125 cc. Untuk mesin tengah kebawah saya pakai mesin orinya. Kalau head saya modif di noken as atau campnya. Supaya tarikan bawah lebih nendang,” ujar H. Bahrudin kepada OtomotifZone.

Mungkin karena penulis suka dengan power mesin besar jadi penulis suka dengan motor satu ini. Tapi selain dari power mesin penulis juga suka dengan tampilannya. Jadi warna chrome yang menempel di motor ini sangat mencolok. Jadi membuat kita pasti melirik ke motor ini.

Beberapa bagian motor sengaja H. Pesek sapaan H.Bahrudin Chrome supaya memiliki tampilan yang memikat. “ Ini kemarin saya habis 3 jutaan chrome full besi motor termasuk bak kopling dan bak magnet motor,” jelas singkat mantan pebalap itu.

Tiga juta sudah bisa memberi warna keren kepada motor itu. Lalu selain mesin dan warna, penulis juga terkesima dengan modifikasi BMX Cub ini. Ban yang digunakan menggunakan jenis ban besar dan tapak besar. Lalu ARM sama segitiga depan pakai apa ya?

“ Sengaja ban depan belakang saya kasih ukuran besar dengan ukuran yang sama. Kalau belakang saya pakai ARM asli Arashi. Kalau garpu depan saya buat sendiri dengan pipa tebal saya tekuk sendiri dengan cara panasin supaya bentuk garpu depan seperti sepeda aslinya,” pungkas H. Bahrudin.

Memang kalau dari tampilan sepeda motor BMX Cub ini ada seperti kolaborasi modifikasi BMX Cub dan motor Lowrider. Dengan bentuk ban besar besar tapi tampilan seperti sepeda BMX. Dari total keseluruhan kurang lebih 10 juta modifikasi motor ini menjadi BMX Cub.

Dana sisa tersebut termasuk sudah membeli motor Arashi 125 second dan biaya pengelasan lainnya. Seperti pembuatan tangki pada motor dan perubahan rangka lainnya. Rangka sendiri tidak banyak perubahan. Hanya beberapa penambahan dilakukan.

Rangka standard motor digunakan ditambah besi yang dipergunakan untuk tangki bahan bakar. Besi dengan panjang 60 cm dengan diameter 14 cm mampu menampung kurang lebih 1 liter bahan bakar. Tapi untungnya motor ini tidak terlalu boros jadi satu liter bisa menempuh jarak cukup jauh.

Penulis mencoba menjabarkan sedikit spesifikasi dari motor ini:

Mesin : Suzuki Arashi 125 cc

Rangka : Standar Modifikasi

Velg : V Rossi 300 Depan dan V Rossi 350 belakang

Ban depan belakang: IRC NF67 120/70-17

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.