Jaharun Circuit, Milik Pribadi Dan Terbaik Di Indonesia

0
1210
Diguyur hujan sirkuit tetap aman
sss

OtomotifZone.com-Deli Serdang. Judul diatas mungkin bagi sebagian orang terlalu berlebihan, dan sah-sah saja, semua punya cara dan sudut pandang berbeda, namun apa yang diliat OtomotifZone itulah kenyataannya.

Dilatar belakangi “dendam” dan mimpi pribadi akan kondisi kampung halamannya, lahirlah Jaharun Center dan Jaharun Circuit, desa kecil di kabupaten Deli Serdang ini dikelilingi perkebunan rakyat, hamparan sawit dan perkebunan lainnya memang hanya dilewati saja sebagai jalur lintas Sumatera utara. Namun berkat mimpi H.Dudung Hartito, kampung kecil di kecamatan Galang ini muncul menjadi sebuah kota kecil dengan alun-alun tepat setelah gerbang Jaharun Center.

Jalur evakuasi

Dari mimpilah, lahir sebuah sirkuit permanen garuk tanah grasstrack dan Motocross dengan kualitas dan fasilitas modern, faktor safety menjadi prioritas utama pembangunan Jaharun Circuit, sebelum membangun sirkuit, fasilitas jalur drainase mengelilingi sirkuit Jaharun, gorong-gorong pembuangan air dan saluran penampungan air saat debit air tinggi juga disiapkan disisi dalam lintasan, terbukti saat hujan lebat saat race JC Supertrack 2020 Minggu kemaren (1/3), race di sirkuit Jaharun tetap berjalan.

saluran pembuangan air

Selain saluran air, Jaharun Circuit Galang, Deli Serdang juga menyediakan Tribune penonton, dimana membludaknya ribuan penonton sudah diantisipasi owner Jaharun, terlihat sepanjang sisi lintasan sebelah kiri dan kanan sirkuit, tribune penonton sudah disedian, sehingga penonton juga terlihat tapi dan tidak berdesak-desakan, tentunya fasilitas tempat parkir juga tersedia menampung ribuan motor dan ratusan mobil, sehingga tampak tersusun rapi meski penonton datang bak banjir manusia.

Area parkir luas

Ruang VIP dan sponsor dengan konsep double decker juga berdiri kokoh disisi sebelah kiri startgate, begitu juga fasilitas paddock luas, sangat memudahkan team untuk mendirikan tenda team dengan aman, rasa aman dan nyaman ditopang dengan pemasangan 64 kamera CCTV yang tersebar diseluruh Jaharun Center dan jaharun Circuit.

Jalur pembuangan air

Gelaran JC supertrack 2020 yang memperebutkan tropy Sultan Deli Serdang kemaren juga terlihat super rapi, tidak ada kesemrawutan penonton dan crew bersliweran menyeberang lintasan, semua rapi jali, crew team juga rapi dengan fasilitas pitlane, sehingga crew nyaman memberikan sinyal dan intruksi kepada pembalapnya tanpa harus berdesakan dan mencoba masuk hingga bibir lintasan, semuanya rapi.

CCTV terpasang disalah satu tempat

Semua fasilitas diatas tentunya karena ada mimpi tadi, hal tersebut disampaikan H. Dudung kepada penulis. “awalnya saya bermimpi sebagai anak kampung yang mana ingin Kampungnya dikenal di Indonesia Pak, syukur-syukur kampungnya bisa jadi kota kecil Pak”, itu mimpi awal sang juragan kayu ini.

saluran pembuangan dan penampungan air

Hanya itu alasannya pa??, “Hadirnya JC ini saya ini agar para pembalap Sumatera utara khususnya dan umumnya Sumatera dapat melatih Fisik dan mental pada khususnya agar supaya bisa berkompetisi di tingkat Nasional, disamping bisa menjadi tempat berkumpul dengan kegiatan positif untuk anak muda, tentunya jika jadi tempat ngumpul dan bersilaturahim di alun-alun JC, roda perekonomian kampung saya bisa berputar kan pa”, tambah H. Dudung.

H. Dudung Hartito

Wah… tenyata mimpinya sederhana, namun usahanya dan hasilnya super luar biasa, seandainya Indonesia banyak H.Dudung lainnnya, garuk tanah Indonesia makin berbicara dinegeri sendiri.

Selamat, Jaharun Circuit memang JCiamiik…

Penulis dan photo : Edi Batrawan

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.