Keren Nih, Adventure Sambil Beramal di Panjalu Ciamis

0
40
sss

OtomotifZone.com – Ciamis. Kegiatan blusukkan motor alias adventure kini bukan hanya sebagai wahana uji adrenalin saja, dan bukan pula ajang silaturahmi semata antar sesama penghobi offroad bermotor. Namun kini adventure pun menjadi sarana dalam mencari pahala, karena di dalam pelaksanaanya juga dibarengi oleh aksi sosial yaitu menyalurkan bantuan berupa amal ibadah yang berbentuk sodaqoh dari para donatur yakni para peserta event kepada yang berhak untuk menerimanya.

Seperti yang terlihat dalam ajang adventure bertitel Road Show To Shodaqoh yang diadakan di Taman Borosngora atau Alun-alun Panjalu, Ciamis, Jawa Barat, pada hari Minggu (15/12) lalu.

Dengan mengawali start dan finish di tempat yang memiliki riwayat sejarah di tatar Sunda ini, para offroader motor nampak antusias mengikuti event sejal pagi hari. Iklim di Panjalu yang berudara sejuk serta ditambah dengan pemandangan asri nan indah, membuat jalur yang akan dilalui oleh para peserta akan menambah kesan tersendiri.

Tercatat sekitar 900 lebih nomor peserta habis terjual, dan offorader motor yang berdatangan ini tidak hanya berasal dari daerah Ciamis saja, namun juga kota lainnya di Jabar dan dari Jateng. Bahkan nampak pula peserta dari Bandung yang turut pula menjadi peserta di event garapan Trail Adventure Panjalu Panumbangan (TRAPPAN) ini.

Jalur di sepanjang trek yang bakal dilewati oleh peserta pun cukup beragam kondisinya. Mulai dari kontur tanah yang basah serta licin, hingga agak terjal ini menjadikan tantangan tersendiri bagi para offroader motor. Bahkan ada satu trek di daerah Bahara yang lokasinya berada di atas ketinggian ini cukup dinikmati oleh peserta, karena dapat melihat pemandangan alam yang sangat indah. Sehingga rasa lelah saat melintasi jalur pun terbayar sudah ketika berada di lokasi tersebut.

Dan di sela waktu rehat dalam kegiatan ini yang patut diacungi jempol dari para peserta adalah dengan keikhlasan serta kesepakatan bersama, perihal hadiah utama dari event kali ini yakni 1 unit mobil untuk diserahkan kepada panitia DKM Masjid Agung Panjalu agar dapat membantu dalam menyelesaikan pembangungannya.

H. Endang mewakili pengurus Masjid Agung Panjalu ini mengucapkan rasa terima kasih pada seluruh peserta adventure yang telah memberikan bantuannya berupa hadiah utama ini. “Semoga kebaikan para offroader ini menjadi pahala dan kebaikan untuk semuanya,”ungkap H. Endang.

“Kami sebagai warga Panjalu merasa terketuk hatinya untuk turut serta membantu dalam menyelesaikan proses pembangunan Masjid ini,” jelas Cucu Samsudin alias Lepis, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, Lepis juga menambahkan jika ajang Road To Sodaqoh ini tidak terlepas dari peran serta para offorader baik dari Jawa Barat maupun Jawa Tengah. “Alhamdulilah meskipun berharap mendapatkan hadiah utama namun para peserta sepakat untuk memberikan pada panitia pembangunan masjid,” tukas Lepis.

Meski demikian para peserta yang beruntung masih tetap bisa untuk membawa pulang 3 unit sepeda motor Jepang sebagai hadiah lainnya serta beberapa hadiah menarik yang lain dari panitia. Sementara itu Pjs Kepala Desa Panjalu, H. Udin S Miharja pun mengucapkan rasa terima kasih pada seluruh pihak yang telah berperan pada gelaran Adventure Road To Sodaqoh tersebut. “Kami haturkan terima kasih pada semua jajaran panitia yang berlangsung tanpa kendala, juga pada rekan-rekan Pemuda Pancasila yang turut serta dalam membantu kegiatan ini sehingga acara aman terkendali,” jelas H. Udin.

Penulis : Yeyep Ardiansyah | Foto : Yeyep Ardiansyah

Imola Syndrome