Kirab Merah Putih Satu Jalur Dua Rasa Jayapura Menuju Airu di Kemas Secara Kolosal

0
186
Pelepasan peserta kirab merah putih
sss

OtomotifZone.Com – Jayapura. Bukan kendala di masa pandemi di tahun ini untuk memperingati HUT RI ke-75 yang melibatkan masa dengan pembatasan berkumpul. Namun dengan mengedepankan protokol kesehatan dan juga pengaturan kegiatan dengan baik pelaksanaan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Hari Jumat (8/8/2020) pukul 9:30 WIT , sekitar 200 peserta roda dua dan 20 unit peserta roda empat melaksanakan Kirab dan Adventure trans Papua Polres Jayapura. Perjalanan Jayapura menuju Airu peserta dengan jumlah yang dibatasi tersebut berasal dari Komunitas wisata & Adventure Polres Jayapura serta Radio Penduduk (RAPI 27 Papua). Keberangkan di lakukan di jembatan merah Youtefa dan finish di jembatan Meteor distrik Airu kabupaten Jayapura dengan jarak route yang cukup panjang . Yaitu sekitar 340 km dengan waktuh tempuh 9 jam perjalan.

Suasana perjalanan dengan rute cukup menantang

Kegiatan kirab merah putih yang pertama kalinya dilaksanakan tahun ini khusus di Papua. Bahkan mungkin di Indonesia yang pelaksanakannya dimasa pandemi. Saat ini kegiatan dikemas secara kolosal / terbesar yang melibatkan banyak klub dan komunitas dengan perjalanan terjauh yang belum pernah terjadi sebelumnya. Tema kegiatan kali ini adalah Kirab Merah putih Satu jalur Dua Rasa, Indonesia Maju Cegah Covid-19. Kegiatan Kirab & Adventure merah putih di laksanakan oleh Polres Jayapura berkolaborasi bersama Nitmeke Adventure team Jayapura, Jayapura Trail Community (JTC) dan RAPI 27 Papua. Tentu saja selain dari pada itu, penyelanggara ingin peserta yang terlibat beserta panitia di ajak menanamkan rasa nasionalisme sambil menikmati alam dengan adventure dan mensosialisasikan tentang kesehatan dimasa pandemi. Yang terlebih penting adalah bisa menginformasikan kepada masyarakat Indonesia saat ini bahwa Papua merupakan tanah damai yang aman dan kondusif lewat sosial media.

AKBP Victor Dean Macbon kapolres Jayapura sekaligus Ketua penyelenggara mengungkapkan bahwa “ Kegiatan kirab merah putih ini kami laksanakan dan juga kita lepas rombongan di jembatan Youtefa sebagai ikon jembatan termegah yang Papua miliki dengan membawa bendera merah putih sekitar 300 bendera yang kemudian akan finis di jembatan Meteor distrik Airu kabupaten Jayapura. Di mana Airu merupakan distrik terjauh di kabupaten Jayapura yang terletak antara segitiga di beberapa kabupaten. Dan juga merupakan salah satu jalan poros trans Papua Jayapura, Wamena yang perlu diperhatian khusus. Kemudian bendera yang dibawa oleh peserta akan diserahkan kepada masyarakat setempat. Selain itu kegiatan ini juga merupakan rentetan acara guna memperingati HUT Polri bulan lalu sekaligus HUT RI ke 75 tepat jatuh bulan ini. Tentu kegiatan ini kami kemas secara besar untuk pertama kali bersama komunitas otomotif dan juga dapat menginformasikan kepada masyarakat Indonesia bahwa Papua dalam kondisi aman dan kondusif selama ini. Terlebih tidak terkendala memperingati hari kemerdekaan dan dapat di laksanakan dimasa bencana pandemi. Namun tetap mengedepankan protokol kesehatan dan pengaturan yang baik,” ungkap Kapolres.

Tiba di jembatan meteor distrik Airu

Rombongan peserta kirab Merah putih dan adventure dilepas bersama oleh Kapolres Jayapura AKBP Victor Dean Mackbon, perwakilan Polda Papua (kabid Humas Polda Papua) KombesPol Ahmad Musthofa Kamal & Ketua Umum Nitmeke team Jayapura Rusdianto yang selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju kampung Hulu Atas distrik Airu.

Barto Barends (kanan) di dampingi Rusdianto Ketua Umum Nitmeke

“ Kami sangat mengapreseasi kegiatan yang telah dibuat oleh Polres Jayapura. Kami berharap dan akan tingkatkan dengan jumlah yang banyak lagi dengan kegiatan otomotif bersama Polres Jayapura dan pihak-pihak lainnya terutama aksi merah putih ditahun-tahun mendatang. Kegiatan ini kami persiapkan dengan baik dan juga melalui tahapan pendaftaran. Kemudian pemeriksaan kondisi motor serta kondisi peserta secara gratis. Selain itu kami dari nitmeke adventure berencana melaksankan kegiatan-kegiatan otomotif terutama adventure trans Papua selanjutnya yang lebih besar lagi dengan mengajak komunitas roda dua & empat yang ada di kota Jayapura dan Papua lebih khususnya. Untuk kegiatan kali ini bukan saja kami melaksanakan kirab sambil adventure. Setiba di lokasi kami juga melaksanakan giat baksos penyerahan bendera merah putih , pemberian paket sembako, bagi-bagi masker ke masyarakat dan masih banyak lagi kegiatannya” ujar Barto Barends,Ketua Harian adventure team Jayapura.

Penulis/Foto : Alpacino

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.