Latih Skill, Fisik dan Mental di ‘Sim Racing’

0
804
sss

OtomotifZone.com – Bandung. ‘Sim Racing’ adalah singkatan dari “Simulated Auto Racing”, merupakan software komputer yang secara sangat akurat mengkreasikan ulang dunia nyatabalapan otomotif.

Sim Racing bukan “game balap” seperti yang ada di pasaran umum. Namun Sim Racing sudah menjadi “makanan” wajib untuk pembalap profesional maupun penggemar (hobbyist) balapan otomotif.

Di dunia hobby, Sim Racing dapat disejajarkan dengan hobby-hobby populer lainnya. Penggemarnya meski mayoritas dari jenis kelamin Pria, tetapi kisaran usianya cukup luas, sekitar 15 tahun sampai dengan 70 tahun.

Racing Simulation rig/cockpit” dari anggota Sim racer Indonesia

5 6

Sim Racing sangat tepat digunakan untuk melatih skill, fisik, maupun mental pemakainya. Dewasa ini, dapat dikatakan semua tim balap F1 menggunakan software semacam ini untuk latihan pembalap-pembalapnya. Bahkan tim balap di tingkat nasional pun sudah menggunakannya.

Beberapa nama software terkemuka di dunia saat ini adalah: rFactor2, iRacing, Stock Car Extreme, Assetto Corsa, Live For Speed dan lain sebagainya.

Dalam 10 tahun terakhir ini, perkembangan dunia dunia Sim Racing semakin maju. Dapat dilihat semakin maraknya event dunia maupun nasional diselenggarakan dan majunya industri hardware penunjangnya.

Sim Racer Indonesia, komunitas sim racing terbesar di Indonesia, selalu menjadi yang terdepan dalam mengakomodasi kegiatan ini. Berdiri sejak tahun 2013, anggota Sim Racer Indonesia sudah mencapai 542 orang. Setiap tahun, minimal 4 event balapan diselenggarakan secara nasional. Tidak sedikit peserta dari luar negeri juga berpartisipasi, misalnya dari Malaysia, Singapore, Phillippine; bahkan dari Eropa.

Sim Racer Indonesia secara konsisten mengirimkan wakilnya untuk mengikuti kejuaraan di tingkat internasional.

Di tahun 2016 ini, Sim Racer Indonesia berencana menggelar kejuaraan internasional balapan adu ketahanan (Endurance). Kejuaraan ini akan menjadi event terbesar yang pernah diselenggarakan dan sangat kompetitif.

SRI akan mengundang penggemar Sim Racing dari seluruh dunia untuk berpartisipasi dan menyebarkan semua kegiatan yang dilakukan seluas-luasnya melalui media online/offline.

Tujuan utama kejuaraan ini adalah memajukan dunia Sim Racing di Indonesia, disamping menghimpun dan mewadahi bakat-bakat penggemarnya dalam sebuah kejuaraan level internasional. Agar kejuaraan “GT Endurance 2016” ini dapat berjalan maksimal, kami mengajak kerjasama kepada semua pihak untuk ikut andil dalam melaksanakan event ini, sehingga dapat menarik respon positif dari semua kalangan masyarakat.

Mudah-mudahan event ini dapat menjadi langkah sangat tepat untuk menghimpun, menyalurkan, dan meningkatkan bakat-bakat dalam dunia Sim Racing maupun dunia balap otomotif secara keseluruhan.

Event GT Endurance 2016 akan dilaksanakan mulai tanggal 4 Maret 2016 sampai dengan tanggal 22 April 2016. Seluruh peserta dengan menggunakan hardware dan software SIm Racing yang dimilikinya, secara On-Line berkompetisi dalam sebuah kejuaraan balapan mobil adu ketahanan yang dibagi menjadi 8 babak. Menggunakan mobil Porsche Flat6 spesifikasi GT3. Sirkuit yang digunakan adalah: Sebring International, Indianapolis Motor Speedway GP, Gilles Vileneuve (Montreal), Bathrust, Silverstone, Circuit de la Sarthe (Le Mans), Sepang, dan Nordschleife.

12752212_10153634892609261_44176421_o

Pengurus tetap SIM Racing : 

1. Tengku Irvan Bahran

2. Akbar Sal

3. Harris Muhammad

4. Arif Rohman

5. Imam Pratama Rori

Alamat sekretariat : Jl. Danau Mahalona Blok E2 No. 71, Bendungan Hilir, Jakarta Pusat 10210, Contact Person : Harris Muhammad 081212776888 / 0215703906.
Penulis : Ajie | Foto : Istimewa

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.