Mei Brotherhood: Adventurer kudu menghargai alam

0
3337
sss

OtomotifZone.com – Cikalong. Mei Brotherhood menyampaikan yang intinya adventurer kudu menghargai alam.

Sesuai dengan julukannya, brother dan hood. Secara terminologi artinya saudara laki-laki dan hutan. Dalam arti luas bisa berarti jaringan pertemanan yang luas, baik itu dengan manusia maupun dengan alam.

Alam tempat kita tinggal perlu dijaga kelestariannya. Jangan sampai seperti lirik Elpamas ‘akankah tanahku gersang dan airku mengering menghilang?’

Suasana kongres Variasi MX Adventure 2017, Mei brotherhood

Pelestarian alam menjadi himbauan bagi adventurer pada sharing session Variasi MX (VMX) Adventure, Sabtu (02/09/2017). Pak Mei dari Brotherhood beserta pembicara lain menyampaikan pada adventurer tidak meninggalkan apapun kecuali jejak, tidak mengambil apapun selain foto.

Jargon inilah yang perlu diperhatikan para adventurer, menjaga kebersihan setiap jalur yang dilewati. “Pada saat adventure kita harus mengikuti jalur yang ada, jangan pernah membuat jalur baru. Jika membuat jalur baru kita akan memberikan tekanan yang besar pada alam dan ekosistem sekitarnya”, ungkap pak Mei.

Dengan membuat jalur baru, secara otomatis kita akan merusak area sekitarnya. Area yang terjadi kerusakan akan mengalami tekanan yang besar untuk kembali ke keadaan awal. Semua perlu waktu, tak sesingkat saat melakukan perusakan.

Alam akan menjaga penghuninya, jika sang penghuni menjaganya dengan baik. Semakin kita menghargai alam, akan banyak hal yang alam berikan pada kita. “Saat ini area Tangkuban Parahu, Lembang memiliki kondisi yang menghawatirkan”, ungkap pak Mei.

Satu hal menarik yang disampaikan oleh pak Mei sebelum menutup pembicaraannya, “Leuweung hejo, rahayat ngejo”. Artinya kira-kira hutan hijau, rakyat bisa makan. Setidaknya itu hal yang masuk akal, dengan terjaganya ekosistem di alam kita bisa menikmati yang alam berikan.

Penulis: Budi Kurniawan | Photo: Arie & Budi Kurniawan

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.