Mentor Baru Vinizela MX Team Wamena Terapkan Latihan Fisik Ala Militer

0
269
Serka Dori selalu membekali motifasi positif
sss

OtomotifZone.Com –Jayapura. Tidak ada yang tidak mungkin selagi kita yakin dan tak ada pembalap yang hebat yang ada adalah pembalap terlatih, motifasi tersebut yang terus di lontarkan oleh Serka Herian Dori mentor fisik dan mental Vinizela MX Wamena setiap hari kepada anak didiknya.

Agak berbeda dari tim kebanyakan yang ada, Vinezela Wamena terapkan latihan fisik, mental dan disiplin kepada para pembalapnya dengan ala militer, pasti otozoner penasaran seperti apa sih latihan yang di terapkan kepada 4 pembalap Vinizela oleh serka Dori Instruktur Batioslat (Bintara pelatih operasi dan latihan) Denma Kodam XVII Cendrawasih. Tidak jauh berbeda sih setiap latihan fisik yang di terapkan kepada pembalap kebanyakan dengan latihan fisik yang di lakukan Dori, melalui penguatan otot dan latihan fisik pada umumnya namun disini Dori lebih memfokuskan pembentukan dan penggemblengan ke Samapta (jasmani dan rohani) atau lebih sederhananya lagi pembentukan fisik dan mental (psikologis).

Serka Dori (kiri) dan Mekanik Herly

“Saya tangani tim vinizela ini hampir dua bulan yang sebelumnya mereka terlatih secara fisik selama ini hanya dengan gym tentunya penguatan ototnya sudah baik namun tidak dengan ketahanan pernapasan dan mentalnya yang belum terlatih dengan baik, disini saya dengan besik instruktur di kesatuan di minta menangani pembentukan karakter psikologi mental mereka, dan saya menerapkan latihan fisik dengan teknik ala-ala militer sesuai dengan pengalaman saya selama 13 tahun di kesatuan, tapi tentunya kita lakukan secara bertahap dan tidak seberat latihan militer sesungguhnya, tujuannya pasti agar power, mental dan stamina mereka akan jadi sesuai yang di harapkan oleh tim, pada prinsipnya ketika fisik mereka bagus mental mereka akan jadi dan memutuskan, bertindak serta berbuat di dalam/luar lapangan dengan keyakinan yang tepat, selama ini saya masuki kejiwaan mereka dan memberikan pandangan dan motivasi secara positif agar mereka meyakini dan murni menjadi seorang pembalap yang mempunyai jiwa petarung sebagaimana mestinya sebagai pembalap.” jelas Dori.

Lari sejauh 500 sampai 1 km kemudian warming up sebelum latihan di sirkuit merupakan kebiasaan di lakukan pada saat sebelum latihan pagi harinya dan di lanjutkan lari sejauh 3 km, shitup, pushup, pullup dan game di lakukan setiap sore, latihan fisik yang sederhana yang di terapkan secara rutin oleh Dori yang sekandung dengan mekanik tim Vinizela Herly Wiliam asal Bengkulu. Meski hal yang baru tersebut baru dan berat di lakukan oleh 4 pembalapnya akan tetapi di sambut dengan baik.

Warming Up rutin di lakukan sebelum latihan

“Awalnya rasa berat dan sedikit beda dari latihan fisik yang sering saya lakukan tapi ini cukup menantang dan santai jadi kita bisa nikmati selain itu kita sering di berikan motifasi jadi lebih percaya diri, kita juga bisa rasakan adanya perubahan sih baik ketahanan fisik dan kenyamanan saat sudah di atas motor jauh lebih konsentrasi dan tenang.” Ucap Gito Naray, pembalap Vinizela.

Gimana otozoner ada yang tertarik melakukan treatment ala militer juga untuk mengubah mindset pembalapnya dengal hal serupa ??

Penulis : Alpacino / Foto : Istimewa

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.