Michelin Membawa Pilihan Ban Asimetris ke Aragon

0
1343
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Michelin, produsen ban asal Perancis akan membawa berbagai senyawa komposisi ban untuk race minggu ini di sirkuit Aragon, dengan berbagai kebijakan yang ditetapkan oleh perusahaan membawa banyak pilihan ban.

Aragon merupakan salah satu sirkuit yang unik dengan lurusan yang panjang, tikungan tajam, perubahan elevasi serta tikungan yang memutar, dan alokasi pada bagian ban depan akan terpaku antara ban jenis asimetris dan regular. Antara ban soft atau medium dengan konstruksi normal merupakan sebuah pilihan yang sulit bagi para pembalap.

Pada ban bagian belakang ada dua pilihan yaitu medium dan hard, dimana akan ada pilihan asimetris. Serta compound soft dan medium pada ban depan dan ban belakang untuk track basah. Meskipun pengujian pada sirkuit ini terjadi pada tahun lalu, Piero Taramasso dari pihak Michelin mengakui bahwa akhir pekan ini bisa menjadi tantangan bagi perusahaannya.

Type ban asimetris memiliki desain telapak yang tidak sama jarak antar kembangnya dan bisa jadi memiliki model kembang yang berbeda. Ban jenis ini dimaksudkan agar dapat mencengkram dengan baik pada kondisi aspal yang basah dan kering. Jenis compound soft, medium dan hard juga mempengaruhi grip dan ketahanan ban.

Seperti yang kita ketahui, pemilihan ban dalam beberapa race MotoGP menjadi salah satu kunci kemenangan, dengan kata lain tim yang memilih penggunaan ban yang tepat, maka memiliki persentase kemenangan yang lebih besar.

“Ini merupakan pertama kalinya Michelin race di Aragon, jadi ini merupakan tantangan yang sangat baru bagi kita. Kita telah melakukan pengujian tahun lalu dengan pembalap MotoGP, sehingga kita telah mengetahui tentang apa yang diharapkan, tapi ban sudah berubah banyak sejak saat itu dan ini merupakan permulaan lagi bagi kami. Dari apa yang telah kita ketahui sebelumnya, Aragon dapat menjadi kejutan bagi siapapun baik aspal sirkuit dalam keadaan panas ataupun dingin”, dikutip dari motorcyclenews.com.

“Kami tahu secara teknis tuntutan dari sirkuit ini, tapi tantangan di depan kami setelah sukses di Misano. Kami berharap ini akan menjadi lain dengan sirkuit Misano”. Adanya pilihan asimetris diharapkan dapat memberikan pertunjukan balapan yang lebih ketat. Tapi apakah pada race di Aragon aka nada kejutan dengan munculnya nama rider baru yang menjadi juara berkat banyaknya pilihan ban yang ditawarkan Michelin? Kita harus bersabar menunggu hingga akhir pekan ini untuk mengetahui hasilnya.
Penulis: Budi Kurniawan               | Foto: teamongettarivacold.com

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.