Modifikasi Yamaha XS650 1980 Purwokerto, Tampil Menawan Berbalut Kelir Kuning Untuk Kanvasing

0
80
sss

OtomotifZone.com – Purwokerto. Arif Yulianto atau lebih beken di sapa Puying, yang berprofesi sebagai salesman di sebuah dealer mobil di Purwokerto, Jawa Tengah, sudah lama memiliki hobi dalam modif motor. Meskipun agak berbanding terbalik dengan kerjaannya yang menjual kendaraan roda empat, namun untuk penunjang aktifitasnya bekerja maupun sehari-hari mengandalkan kuda besi yang juga bukan dari model maupun tipe baru seperti tipe sport, bebek maupun matik.

Adalah Yamaha XS650 yang terbilang lawas dan terkesan olskool sebagai besutannya dalam wara-wiri untuk mencari dan menemui konsumennya. Uniknya lagi tampilan dari motor yang terbilang merupakan salah satu koleksinya ini tidak dalam keadaan standar, namun sudah mengalami ubahan berarti yang bergenre custom abis. Menurut Puying, motor berkelir kuning dan menawan ini adalah motor kesayangan yang jadi tunggangannya serta merasa lebih pede saat dibawa riding.

“Sebenarnya motor ini cukup istimewa dibanding motor saya yang lain. Hal itu karena kesan selama menungganginya nampak lebih macho apalagi motor ini kesannya klasik abis,” ungkap Puying yang juga mengoleksi motor lawas lainnya semisal Kawasaki Binter Merzy dan Suzuki TS-125.

yamaha Xs650
Knalpot stainless terasa gahar dengan konsep chopper

Di satu sisi memang bukan tanpa alasan jika Puying mengistimewakan si kuning XS650 ini, karena kapasitas mesinnya paling besar. Makanya dia pun rela untuk permak motor lansiran tahun 1980 ini dengan aksen modifikasi yang mengacu pada tema classic custom. “Bagian frame yang dibuat model kustom sengaja tanpa adanya sok belakang alias rigid, lalu sepatbor dan tangki, serta setang pun hasil kustom,” tukas Puying perihal modif pada Yamaha XS650nya ini.

BACA JUGA :

Fix Kalingga Berangkat Ke Sentul Bersama SCP di Final INDOCLUB 2019

Sektor dapur pacu yang cukup besar ini tidak serta merta masih dalam keadaan standar, namun masih harus di oprek lagi biar makin tokcer ketika di ajak riding seliweran melintasi kota Mendoan ini. “Mesin sudah direbuild lagi oleh mas David, dari bengkel Martowex, supaya lebih jos serta jaminan anti dorong-dorong, sob,” kekeh Puying yang bukan karena sakit kepala ini. Eh, itu mah pusing yah? Hehehe..

yamaha Xs650
Kesan rigid alias tanpa sok belakang di bagian buritan

Konsep motor bergenre kental chopper rigid ini sengaja dipilih oleh Puying demi selaraskan basis motor yang sudah identik dengan aksen klasiknya. Namun di beberapa sudut detail yang terdapat pada motor hanya terapkan sedikit aksesoris guna seimbangkan tema modifnya. “Pengen yang simpel saja, biar leluasa di ajak kanvasing dan gak ribet,” cuap Puying yang juga mempunyai hobi blusukkan di jalur hutan dan tanah dengan Suzuki TS125.

Bagian kaki-kaki supaya makin kuat dan kokoh aplikasi satu set pelek aftermarket miliknya moge Harley Davidson. “Jadi makin kekar di area kaki untuk kenyamanan pula pas riding,” tutur Puying yang kini lebih pede dan sumringah ini.

Mantul, sob!

Data modifikasi :

  • Pelek depan/belakang : Aftermarket Harley Davidson ring 21 & 16
  • Ban depan/belakang : Dunlop
  • Footstep : Kustom
  • Tangki : Kustom model peanut
  • Sepatbor : Plat galvanis 1mm
  • Jok : Kulit handmade
  • Knalpot : Kustom stainless
  • Kaliper depan/belakang : Tokico & Nissin
  • Karburator : PE 28

Penulis : Obeth | Foto : Istimewa

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.