Moto3 Qatar 2019 : Kemenangan Toba, Penantian 12th Jepang Juara Kelas Capung

1206
sss

OtomotifZone.com-Losail. Seri pembuka kejuaraan dunia MotoGP di kelas Moto3 sirkuit Losail 10 Maret 2019 kemarin bagaikan kado terindah untuk Jepang setelah menanti sekian lama tak ada lagi jagoan negeri matahari terbit tersebut sekedar ada di podium. 12 tahun jeda waktu menunggu tersebut setelah Tomoyoshi Koyama juara 2007 silam di Catalunya.

Kelas capung identik dengan kelas terkecil di gelaran MotoGP. Dulu GP125cc tapi sekarang Moto3.

Kaito Toba lumayan kenyang kompetisi di Eropa. Mulau Red Bull Rookie sampai Moto3 Junior. Tahun kemarin juga sudah full kompetisi di tahun kemarin boleh juga sebagai kuda hitam. Pernah hampir saja menjadi pemenang saat adu kencang di trek lurus dengan Jakub Cornefil. Cukup berada di posisi kedua.

Pembalap yang di 2014 mengawali karier sebagai pembalap Asia Talent Cup berlanjut menjadi kontestan Red Bull MotoGP Rookie Cup 2015-2016 ini terbayar pada laga pertama MotoGP sirkuit Losail, Qatar pada pertarungan rapat dengan Lorenzo Della Porta dan Aaron Canet di garis finish. Selisih yang lumayan bikin deg-degan. Tipis!

Pembalap kelahiran 7 April 2000 di Fukouka, Jepang mencatat sejarah juga sebagai race tempat ia pertama kali memenangkan Moto3.

Ada 4 pembalap Jepang di kelas ini. Jika mereka kompak ada di baris depan bukan tidak mungkin kekuatan Jepang kembali ke era 2000an. Ada Masao Azuma, Noburu Ueda, juga Youchi UI yang langganan bisa juara pada kelas Capung.

Klasemen akhir di posisi ke 22 dengan 37 point akan berubah drastis jika Toba bisa sesering mungkin di podium atau setidaknya terus aktif mendulang point. Honda Team Asia siap berjibaku.

Penulis : Hafid | Foto : MotoGP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.