Motor Kamu “Fogging” Asap Putih? Ini Penyebabnya

0
70
Motor Fogging
Motor Fogging
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Mayoritas sepeda motor yang beredar di jalan perkotaan sampai pelosok desa sudah mengadopsi mesin 4-tak. Namun, pemilik sepeda motor 4-tak perlu panik jika knalpot sepeda motornya mulai mengeluarkan asap putih.

 “Jika mengeluarkan asap putih artinya salah satu dari komponen mesin 4-tak ada yang sudah tidak berfungsi dengan baik,” buka Ade Rohman, Technical Service Sub Dept. Head PT Daya Adicipta Motora.

Asap putih yang keluar dari pada knalpot mesin 4-tak dikarenakan adanya pelumas atau oli yang ikut terbakar pada ruang bakar. “Hal ini disebabkan karena adanya kebocoran pada komponen-komponen diantaranya ring piston yang sudah aus, piston yang sudah aus, liner atau blok silinder yang sudah aus, gasket atau paking kepala silinder, dan valve guide serta sealnya yang mengalami kerusakan atau keausan,” ungkap Ade.

Penyebab Motor Keluar Asap

Komponen tersebut mengalami kerusakan diakibatkan dari faktor sebagai berikut, masa pakai mesin sudah lama, perawatan saringan udara tidak sesuai dengan jadwal servis berkala, penggantian & penggunaan oli tidak mengikuti aturan yang berlaku.

Sebagai contoh SAE oli yang dipakai tidak sesuai spesifikasi yang dianjurkan oleh pabrikan, kemudian terlambat melakukan penggantian oli sehingga kapasitas oli berkurang dan volume pelumasan menjadi kurang.

Penyebab Motor Berasap

Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk meminimalisir pencegahan diatas mulai dari melakukan perawatan sesuai dengan petunjuk atau buku pedoman pemilik dan buku service secara yang dikeluarkan oleh pabrikan.

“Kemudian sebagai patokan untuk melakukan service dan ganti oli bisa mengikuti aturan jarak atau KM serta aturan waktu atau bulan tergantung mana yang lebih dulu dicapai. Lakukan service secara teratur dan rutin di bengkel resmi sepeda motor Honda atau AHASS agar tetap dalam kondisi yang prima,” tutup Ade.

PT Daya Adicipta Motora.

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.