Musim 2018 awal mula wajib gunakan Airbag di MotoGP

0
529
Dainese Airbag (Photo: MotoGP.com)
sss

OtomotifZone.com – Bandung. MotoGP musim 2018 menjadi awal mula penggunaan wearpack dilengkapi kantung udara (airbag) secara wajib untuk seluruh pembalap di MotoGP, Moto2 dan Moto3.

Setalah pertama kali diumumkan akhir 2016 lalu, setiap kelas di MotoGP wearpack akan dilengkapi dengan sistem airbag mulai awal musim 2018. Namun ada pengecualian bagi pembalap wild card dan pembalap pengganti.

Bagi Valentino Rossi, penggunaan airbag merupakan langkah besar dari penyelenggara yang mendukung keamanan terutama untuk bahu dan tulang selangka bagi para pembalap.

Dorna telah menetapkan peraturan mengenai penggunaan airbag di MotoGP, diantaranya:

  1. Airbag harus menutupi dan melindungi bahu dan tulang selangka. Proteksi pada bagian punggung sekedar opsional. Namun, jika produsen menggunakan pelindung belakang, harus mencakup seluruh tulang belakang.
  2. Variasi kecil dengan spesifikasi masing-masing sistem diperbolehkan, seperti variasi untuk mengakomodasi perbedaan morfologi (struktur tubuh) setiap pembalap.
  3. Setiap airbag harus melewati serangkaian tes untuk membuktikan kesesuaiannya dengan peraturan telah ditetapkan.
  4. Penggunaan airbag harus tidak menimbulkan bahaya bagi pembalap atau mengurangi keleluasaan pembalap dalam mengontrol motornya. Selain itu, sistem airbag tidak boleh ada bagian yang tersambung pada motor.
  5. Setiap produsen harus sudah memiliki sertifikasi resmi yang menyatakan bahwa sistem airbag mereka sudah memenuhi aturan dan standar keselamatan. Produsen juga harus menyatakan reabilitas sistem yang mereka ciptakan berdasarkan pengujian internal.

Untuk beberapa produsen wearpack kecil daripada mengembangkan sistem sendiri, mereka dapat melakukan kerjasama dengan produsen sistem airbag yang telah mapan seperti Dainese dan Alpinestars.

Photo: MotoGP.com

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.