All New Mazda CX-5: G-Vectoring Control, Bikin Penumpang Lebih Nyaman

0
4893
sss

OtomotifZone.com – Bandung. All New Mazda CX-5, secara resmi diperkenalkan di daerah Bandung hari Rabu (23/08/2017) memang menarik perhatian. Masih mengusung teknologi SKYACTIV dan desain KODO – Soul of Motion demi kenyamanan berkendara.

All New Mazda CX-5 kini dilengkapi dengan teknologi pengendaraan tebaru dari Mazda, G-Vectoring Control (GVC) dan teknologi keselamatan melalui i-ACTIVSENSE.

GVC merupakan teknologi pertama yang menjadi bagian dari SKYACTIV-VEHICLE DYNAMICS Mazda. Cara kerja GVC sendiri adalah mengatur output torsi yang dihasilkan mesin sebagai respon dari pergerakan steering wheel saat mobil mulai belok.

Torsi yang dihasilkan oleh mesin akan dikurangi ketika mobil akan memasuki tikungan dan akan dikembalikan saat mobil kembali berjalan lurus. Ketika mobil akan memasuki tikungan, maka torsi mesin akan dikurangi. Pada keadaan ini, bobot mobil akan berpindah ke bagian depan, akibatnya terjadi penambahan grip ban depan yang akan mengurangi kemungkinan understeer. Secara otomotis gaya sentrifugal kesamping akan teralihkan menjadi sedikit ke depan.

Sebaliknya, saat mobil kembali berjalan lurus, torsi mesin akan dikembalikan. Ketika itu bobot mobil akan kembali ke bagian belakang sehingga menambah grip ban belakang yang akan mengurangi kemungkinan oversteer. Secara otomatis gaya sentrifugal ke samping akan teralihkan menjadi sedikit ke belakang.

Proses ini akan terjadi secara berulang dalam waktu yang sangat cepat hingga sepersekian detik, termasuk saat mobil kembali berjalan lurus.

Dari segi kenyamanan, hal ini menjadikan pergerakan mobil akibat manuver akan lebih minim. Kenyaman yang lebih baik pun akan dirasakan oleh pengemudi maupun penumpang. Hadirnya teknologi ini akan mengurangi kelelahan bagi pengendara dan penumpang akibat gaya sentifugal ke samping ketika mobil memasuki tikungan.

Penulis : Budi Kurniawan | Photo: Mazda

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.