Penalty Track Limit. Sedang Jadi Polemik?

0
88
sss

OtomotifZone.com – Austria. Beberapa kejadian sudah ada sebelumnya. Baik kejuaraan Asia atau Dunia khususnya saat balap motor. Track Limit atau garis hijau di luar track sering kita lihat. Bagi pembalap yang menginjak lintasan tersebut bisa terkena penalty. Ada ketentuannya bro..

Melansir kutipan dari MotoGP.com, jika kedua ban motor melampaui track limit yang berada di luar lintasan pada waktu yang sama kapan saja selain saat perlombaan, hal itu bisa mengakibatkan pembatalan catatan waktu dan pembatalan putaran. Seperti saat free practice atau kualifikasi. Pembalap kiranya punya catatan waktu bagus tetapi di suatu area melebar melewati garis hijau maka catatan waktunya bisa di anulir turun beberapa posisi.

Dan jika pelanggaran terjadi selama perlombaan, mungkin bisa ada kemungkinan berbeda. Ketika balap, beberapa kesalahan menyangkut menginjak track limit jika pengendara melakukan tiga pelanggaran, pesan peringatan dikirim ke dasbor motor mereka. Setelah ada lima pelanggaran trek limit, Penalti Long Lap dikeluarkan melalui papan sinyal, lewat pesan yang dikirim ke dasbor motor.

Track Limit

Di tahun 2019 FIM Stewards mengubah aturan ketika di ketahui pembalap melintas saat final lap dan menginjak trek limit bisa di kenakan sanksi. Dalam kasus baru-baru ini tak lain Moto2 Styria Minggu lalu. Jorge Martin sebenarnya menang di depan Marco Benzzetti namun di batalkan kemenangannya oleh stewards karena di ketahui Jorge Martin Menginjak garis hijau. Akhirnya Martin turun posisi kedua.

Usai kasus tersebut ada kejadian lagi di kelas utama MotoGP, ketika lap terakhir Jack Miller overtake Pol Espargaro. Pol bablas ke pinggir line dan menginjak garis hijau. Di belakangnya ada Joan Mir yang beberapa waktu kemudian protes karena Pol tidak terkena sanksi.

Mengutip via Motorsport.com Mir ungkapkan kesalnya.” Tikungan 9 Pol mengambil jalur dalam lalu melebar. Jack ambil posisi dan Pol tetap melaju di luar trek. Tentu melebar jika anda masuk dengan kecepatan tinggi,” kata Joan Mir yang pada seri sebelumnya di podium 2.

“Anda bisa lihat saat masuk area hijau, ia langsung membuka penuh gas. Apa yang terjadi jika disana gravel, tak masuk akal jika ia tak di hukum,” rangkuman pernyataan Mir.

Masih menjadi bahan bahasan detailnya tentang Track Limit, yang di hukum yang bagaimana? di Moto2 para pengamat juga menilai Benzzetti di belakang Jorge juga menginjak garis hijau walau tak sebesar Jorge.

Nunggu kabar di atas aja lah….

Penulis : Hafid | Editor : Suhendri Wibowo | Foto : MotoGP

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.