Pengakuan Maverick Vinales Soal Rem Motor Tidak Berfungsi di MotoGP Styria

0
59
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Nasib baik masih berpihak kepada Maverick Vinales meski pembalap tim Monster Energy Yamaha ini harus menjatuhkan diri dengan melompat dari kuda besi pacuannya pada kecepatan 230 km/jam di lap ke-17 dalam ajang MotoGP 2020 Styria seri lima, di sirkuit Red Bull Ring, (23/8) kemarin. Rider asal Spanyol ini nyaris mengalami kejadian yang bisa berakibat fatal karena rem pada Yamaha M-1 besutannya tidak berfungsi secara normal.

Spontan Vinales langsung lompat ketika akan memasuki tikungan pertama dan motornya terus melaju kencang hingga akhirnya menabrak pembatas sirkuit dan akibatkan Yamaha M-1 tersebut terbakar. Hal ini yang membuat race sempat di hentikan sejenak setelah red flag alias bendera merah dikibarkan oleh petugas sirkuit.

“Saya sibuk mengatasi rem pada tiap tikungan. Daya cengkeram remnya tidak stabil di sepanjang balapan. Ketika memasuki tikungan pertama, tiba-tiba rem tidaj berfungsi. Saya pun tidak dapat melakukan apa-apa lagi,” ungkap Vinales seperti di kutip dari Speedweek.

Maverick Vinales

Pembalap bernomer start 12 ini menjelaskan jika motornya saat itu tidak mungkin lagi bisa berhenti. Dan yang ada di dalam fikirannya secara spontan adalah melompat sebelum membuat dirinya mengalami kejadian buruk.

“Saya tidak mungkin bisa tetap berada di motor saat itu. Rem sudah benar-benar rusak saat itu. Saya memutuskan untuk segera melompat,” sebut pembalap yang di tahun depan ini bakal berduet dengan Fabio Quartararo di tim Monster Energy Yamaha.

Vinales juga berujar jika dirinya merasakan gejala rem blong ini di putaran ke-3 dan ke-4. Namun dirinya terus berusaha untuk dapat kendalikan fungsi rem tersebut dan sempat membuat putaran terbaik dengan torehkan waktu tercepat 1 menit 24 detik tanpa rem.

Setelah kejadian ini, Vinales bertekad untuk dapat melakukan yang terbaik pada seri berikut di sirkuit Misano, Italia, pada 13 September nanti. Tentu saja untuk dapat kumpulkan poin terbaik yang dirasa masih adanya peluang dalam perebutan gelar juara musim ini.

Penulis : Obeth | Sumber : Speedweek | Foto : Motorsport.com & Visordown

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.