Profil : H. Agus Tri Raharjo,S.E. Dari Perjalanan Kendaraan Klasik Menuju DPR-RI

0
1304
sss

OtomotifZone.com-Sukoharjo. Pulang dai Solo melewati area Solo Baru sejenak mampir kerumah klasik nan sejuk pinggiran wilayah bisnis bagian utara kota Sukoharjo tersebut. Tak mengira bakal ada rumah yang kadang membuat orang penasaran bentuk dalam rumah unik di daerah Desa Gedangan, Jl. Dondong, Desa Gedangan, Grogol, Sukoharjo ini.

Pintu kayu antik awal OZ masuk pekarangan yang di penuhi arsitektur kayu-kayu kuno. Ya inilah kediaman H. Agus Tri Raharjo, S.E atau ramah di sapa Pak Agus. Komunitas motor serta mobil antik pasti mengerti sosok ini. Lama malang melintang ikut bagian Motor Antik Club Indonesia (Maci) juga di Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI) bukan sembarang anggota saja.

Sejarah unik jika ingin tahu dari awal bapak berpenampilan kalem ini mengawali hobinya. Bukan dari keturunan orang tua yang sama-sama penggemar motor atau mobil lawas.

“Dari seni lukis dulunya waktu muda. Jadi belum punya motor saat itu. Baru cita-cita saja suatu saat ingin punya motor klasik,” ucap beliau mengawali kisahnya.

Mulai bisa memiliki motor-mobil yang di idam-idamkan sekitar tahun 90-an. “Kira-kira tahun 1995. Beli pertama kali motor Vespa. Lalu urut beli Fiat, Union, BSA, Triumph, BMW. Sampai lupa karena sebagian sudah ada yang laku terjual,” ungkap Pak Agus yang lebih banyak jalan santai dengan BMW R25 tahun 1956. “Salah satu motor kesayangan, relatif enteng. Dapat dari teman Jogja,” lanjutnya. Belum lagi koleksi mobil yang bakalan panjang kalau di ceritakan.

Lewat hobinya ini beliau pernah menjabat dalam anggota MACI. “Sebagai Bendahara, karena kesibukan kini menjadi anggota saja sedangkan dulu di PPMKI sebagai penasehat. Walau mungkin jarang jalan bareng komunikasi tetap terjalin. Bahkan kemarin teman-teman PPMKI bareng-bareng main kesini,” kata Pak Agus yang sempat menjabat sebagai kepala desa. Tak hanya kepala desa biasa, beliau juga garda depan pejuang lahirnya UU Desa dan Dana Desa se-Indonesia. Sepak terjangnya dalam berorganisasi semakin maksimal. Utamanya perhatiannya terhadap kepentingan desa.

Dari perjalanan ini beliau terpanggil untuk lebih luas memperjuangkan kepentingan rakyat. Besuk Pak Agus maju sebagai Caleg DPR-RI Pusat dari Partai NasdemĀ  Dapil V Sukoharjo, Boyolali, Klaten, Surakarta dengan nom. “Mohon doa restunya rekan-rekan. Semoga niat baik ini berjalan baik,” kata Pak Agus sore kemarin di kediamannya.

Sangat sibuk mendekati bulan pemilihan umum besuk. Namun perhatiannya terhadap kendaraan klasiknya tak dilupakan. Jikalau nanti sampai ke DPR-RI pun tak merubah hobinya sebagai kolektor dan pecinta kendaraan klasik.

“Namanya sudah hobi, jangan sampai ditinggalkan,” senyum penutup percakapan sore itu. Siap pak! Lancar perjalanan besuk..

Penulis : Hafid | Foto : Hafid

Imola Syndrome