Sean Gelael Finish Posisi 6 di Formula 3 Inggris

0
345
sss

Sean Gelael-Brands Hatch 3OtomotifZone.com – Inggris. Sean Gelael Pebalap Muda Indonesia kembali memperlihatkan perjuangan pantang menyerah dalam kiprahnya di Formula 3 Inggris, yang berlangsung di Sirkuit Brands Hatch, 10-11 Agustus 2013. Berkompetisi melawan pebalap-pebalap lainnya dalam 3 race, Sean berhasil menempati posisi ke 6 dalam race 2 dan race 3.

Ini adalah kali pertama bagi Sean yang tergabung dalam Double R Racing mencoba lintasan Grand Prix yang lebih panjang dari sebelumnya, di mana lintasan ini berkarakter sangat cepat, sempit dan bergelombang di beberapa tikungan.

Mengendarai Dallara Mercedes, Sean sempat mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas di hari Jumat. Di sesi kualifikasi Sean berada di posisi ke delapan. “Setelah kecelakaan di hari Jumat, dan setelah mobil diperbaiki, saya sebenarnya mampu untuk mengurangi jarak dengan pebalap di depan saya. Saya juga sudah mendapatkan kembali ritme balapan saya walaupun ini adalah pengalaman saya yang pertama di sirkuit ini. Tetapi dengan banyaknya insiden yang terjadi, dan juga kurangnya pengalaman saya, membuat segala sesuatunya menjadi cukup berat” kata Sean.

Sean Gelael-Brands Hatch 2Start dengan baik di race pertama, Sean mampu menyodok ke posisi ke 6, tetapi pada lap ke tiga, di bagian trek yang disebut Sheene Curve, Sean mengalami kecelakaan. “Sebenarnya saya dapat melakukan start dengan baik, dan segala sesuatunya berjalan lancar. Lalu saya melihat bahwa di depan saya ada Nicholas Latifi, dan saya berusaha untuk menyusul dan memberi tekanan kepadanya” kata Sean.

“Tetapi akibat dari penundaan pada saat testing, saya jadi tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk mencoba lintasan. Dari data yang diperoleh pada waktu sesi kualifikasi, terlihat bahwa saya bisa melalui trotoar di Sheene Curve. Saya mencobanya, sayangnya saya keluar terlalu jauh sehingga mobil terlempar melewati track dan menabrak pembatas. Walau tidak terjadi kerusakan yang cukup berarti, tetapi insiden ini tetap saja membuat saya tidak dapat melanjutkan pertandingan” tambah Sean.

Ini artinya, Sean Gelael harus melakukan start di race kedua dari posisi belakang. Tetapi Sean mampu melakukan performa yang luar biasa. Dalam waktu singkat, Sean sudah berhasil masuk di posisi 10 besar. Di lap ke 13 dari 23 lap yang harus di jalani, di Paddock Hill Bend, Sean berhasil melewati rekan satu timnya di Double R Racing, Tatiana Calderon, untuk pada akhirnya finish di posisi ke 6.

“Pada akhirnya saya bisa menyelesaikan race kedua ini tanpa masalah berarti” kata Sean. “Sangat baik bagi saya untuk bisa mendapatkan waktu untuk berada di lintasan cukup banyak, dan di akhir balapan tadi, kecepatan kendaraan saya juga sudah semakin meningkat” tambahnya.
Di race ketiga, setelah mampu melewati insiden yang terjadi di lap 2, Sean kembali mampu finish di urutan ke 6, yang menempatkan ia di posisi ke 5 di klasmen umum Formula 3 Inggris. “Karena kurangnya pengalaman saya di lintasan Grand Prix di Brands ini, pada awalnya saya harus berusaha sangat keras. Tetapi pada saat pertandingan sudah berjalan, kecepatan kendaraan saya menjadi jauh lebih baik, dan saya sangat senang dengan hasil yang bisa saya peroleh setelah mengalami saat-saat sulit di awal akhir pekan ini” kata Sean.
Setelah dua minggu berturut-turut bertanding di Formula 3 Inggris, minggu depan Sean Gelael akan kembali bertarung di FIA Formula 3 Eropa, pada 17-18 Agustus, di salah satu sirkuit terkenal di dunia, Nurbugring – Jerman.

Penulis : Indra | Foto : Karyaku

Imola Syndrome