Selamat Tinggal Sirkuit Permanent, Selamat Datang Virtual Race

0
195
sss

Otomotifzone.com – Jambi. Saat ini perkembangan dunia tehnologi merasuki seluruh bidang hingga olahraga pun berjalan dijejaring, siap yang tak kenal game online seperti PUBG, Freefire, Dota2, Mobile Legends?.

Tapi kali ini kita tidak akan membahas tentang game yang sudah penulis sebutkan di atas, kali ini lebih serius lagi, bahkan saat ini Ikatan Motor Indonesia (IMI) sebagai induk organisasi otomotif, harus bekerja secara ekstra menyiapkan regulasi khusus game ini, kok bisa?.

Untuk otozoner ketahui IMI bekerja sama dengan Sim Racer Indonesia pernah menggelar virtual race dengan judul Indonesia Digital Motorsport Championship 2019 (IDMC 2019 ) ini adalah kejuaraan nasional balap digital pertama di Indonesia, kejuaraan ini menggunakan game balap simulasi, rFactor2.  Kejuaraan ini berlangsung dari 13 Oktober-1 Desember dan disiarkan di kanal YouTube IMI. Kelas Seeded A menggunakan Nissan GTR GT1 dengan open setup, sedangkan kelas Seeded B dan Non-Seeded menggunakan Nissan 370Z GT4 dengan closed setup. Juara Seeded A: Andika Rama Maulana Juara Seeded B: Attaya Kenzie Juara Non-Seeded: Vincent Ryan. Sumber Wikipedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Indonesia_Digital_Motorsport_Championship_2019

Atlit E-Sport Andika Rama Maulana saat menerima IMI Award 2019

Penulis juga penasaran apasih perbedaan game e-sport race denga game-game yang sudah ditulis diatas tadi?, ya.. betul, game seperti PUBG, Freefire, Dota2, Mobile Legends, bergenre fighter atau petualangan, sedangkan virtual race bergenre olahraga atau sport. IMI dibantu dengan Andika Rama Maulana (atlit e-sport) saat ini masih menyelesaikan regulasi yang nantinya akan menjadi regulasi pertandingan e-sport di Indonesia.

Sedikit bocoran untuk e-sport di tahun mendatang game simulasinya menggunakan Assetto Corsa  dari perusahaan game Kunos Simulazioni yang dinilai memiliki detail gambar lebih realistik dan race feel yang baik. Sirkuit Sentul pun akan dijadikan tempat jalannya race virtual ini. Bagi otozoners yang penasaran dan ingin mencoba seperti apa permainanya silahkan download disini : https://store.steampowered.com/app/805550/Assetto_Corsa_Competizione/.

Andika Rama Maulana sesi latihan di sentul

Otozoner, akhir-akhir ini wabah pandemi Covid-19 semakin meningkat dan untuk menekan jumlah penyebarannya dunia kini menjalankan aksi social distancing, alhasil gelaran MotoGP pun sudah berubah wujud menjadi virtual race?, tidak menutup kemungkinan balapan yang biasa kita lihat di sirkuit nyata pun bertransformasi menjadi balapan virtual? Hal ini pernah dibahas oleh Ketum IMI Sadikin Aksa pada rapat virtual beberapa waktu lalu. (baca disini : https://www.otomotifzone.com/balapan-ditengah-pandemi-imi-dan-lpduk-punya-jalan-keluar/.

Tulisan berikutnya kita akan bahas apa saja yang di butuhkan untuk virtual race.

“keep up the spirit, keep on being creative and take care of your health..”

Tapi jangan salah ya, D Motorsport ini sebagai alternatif dimasa pandemi, jika Covid-19 sirna, balap sungguhan tetap akan digelar kembali, dan tentunya balap virtual akan menjadi cabang baru yang semakin diminati… ayo siasati masa pandemi dengan kreatif tapi tetap kompetitif.

Foto : Istimewa

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.