Setelah MotoGP 2020 Seri Jepang Batal di Gelar, Bagaimana Nasib Malaysia dan Thailand?

0
16
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Setelah ajang MotoGP 2020 seri Jepang resmi batal di gelar, dapat dipastikan tinggal menyisakan dua seri yang tersisa untuk kawasan Asia terutama di Asia Tenggara, yakni Sepang, Malaysia dan juga seri di Buriram, Thailand. Meski kepastian mengenai seri kelanjutan di dua negara bertetangga tersebut belum diperoleh kejelasannya, namun banyak pihak berharap masih di bisa di gelar.

Memang patut disayangkan dengan tidak di adakannya seri balapan di Jepang pada tahun ini, karena hal itu menjadi yang pertama kali sejak tahun 1986 Negeri Matahari Terbit jadi tuan rumah gelaran MotoGP. Sejatinya seri di Jepang ini akan digelar tanggal 16-18 Oktober 2020 mendatang, namun sempat ada wacana akan di geser pada akhir tahun jika masih tetap akan diselenggarakan balapan di sirkuit Motegi ini.

Dan akhirnya Dorna Sports, penyelenggara MotoGP beserta FIM dan IRTA memutuskan seri Jepang akhirnya harus di batalkan gelarannya di tahun ini. Dengan batal di gelarnya MotoGP Jepang ini tersisa dua seri lagi untuk kawasan Asia tepatnya di Asia Tenggara yaitu Malaysia dan juga Thailand yang masih ditangguhkan gelarannya karena menunggu kondisi dari pandemi Covid-19 ini.

Melihat semua ini berarti sudah ada 7 seri MotoGP yang telah di batalkan sejak seri pertama lalu di sirkuit Losail (Qatar). Kemudian seri MotoGP di Sachsenring (Jerman), lalu MotoGP Assen (Belanda), kemudian seri di Kymiring (Finlandia), berikutnya MotoGP seri Silverstone (Inggris), juga MotoGP di sirkuit Phillip Island (Australia) dan kini MotoGP sirkuit Motegi (Jepang).

Lantas bagaimanakah dengan seri di Malaysia dan Thailand nanti? Kita tunggu saja kabar dan kepastian jadwal seri MotoGP lainnya apakah akan tetap di gelar atau masih ada lagi seri yang bakal dibatalkan terkait kondisi saat ini.

Penulis : Obeth | Foto : autosport.com

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.