Sil Oli Yamaha Scorpio Hilang atau Rusak, Bisa Gunakan Selang Bensin Loh!

0
39
Camera 360
sss

OtomotifZone.com – Kuningan. Bagi sobat pembesut Yamaha Scorpio yang pernah mengalami kehilangan atau kerusakkan di bagian sil oli pada mesin, ada tips ringan dan dianggap murah nih yaitu dengan mengakalinya menggunakan selang bensin sebagai alternatif lain pengganti sil aslinya loh. Hal ini dianggap lumayan ampuh karena slang bensin ini juga cukup kuat dari segi bahannya.

Biasanya gejala yang ditimbulkan akibat dari tidak adanya sil oli ini yaitu kondisi mesin sering panas dan dapat berakibat kerawanan di bagian noken as dan pelatuk klepnya. Meskipun sering servis rutin termasuk mengganti filter oli, tapi hasilnya tetap sama yaitu mesin jadi overheat.

“Saat mesin dibongkar, baru ketahuan jika ada sil dibagian kopling yang hilang. Ukurannya sih memang kecil, tapi fungsinya sangat vital sekali pada kinerja mesin. Karena untuk menyalurkan pelumas alias oli ke kepala silinder head dan melewati filter oli, hingga membasahi noken as dan platuk klepnya,” ungkap Ismail, pebengkel di kawasan Jl. Cigalagah, Kramatmulya, Kuningan, Jawa Barat.

Gunakan selang bensin sebagai pengganti sil oli Yamaha Scorpio

Ukuran serta bentuknya yang kecil itu memang sering kali lepas dari dudukannya saat dalam posisi dibersihkan dengan menggunakan kuas dan hal itu mengenai posisi dari sil tersebut. Biasanya ketika mesin dibongkar untuk ganti kampas serta karet koplingnya. Ini yang kerap diabaikan oleh mekanik awam, mengingat bentuknya yang kecil dan tersamarkan dengan warnanya yang hitam.

Untuk mengakalinya mekanik sekaligus mantan pembalap road race yang akrab di sapa Simbah Mail ini kasih solusi ringan juga murah serta gak ribet. “Cukup gunakan selang bensin sebagai pengganti sil yang hilang itu. Bentuk maupun ukuran sil oli ini sama persis dengan selang bensin. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar 5 ribu rupiah. Tinggal potong sesuaikan ukuran dari dudukkan sil dengan tebal sekitar 5 mm, lalu pasangkan,” jelas Simbah Mail yang merupakan Om dari pembalap Riky Ibrahim ini.

Potong selang bensin sesuaikan dengan dudukan sil oli sekiatr 5 mm

Kalau sil sudah terpasang rapi ke dudukannya, tinggal terapkan kembali komponen mesin seperti semula kemudian nyalakan motor dan buka secara hati-hati baut saluran oli di bagian depan mesin. Pastikan oli akan menyembur deras dan melumasi kembali noken as serta platuknya.

Pasang selang bensin pengganti sil oli ke dudukannya

Penulis : Obeth | Foto : Obeth

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.