Sirkuit Sentul Diresmikan, Fasilitas Baru Diterapkan!!!

0
285
sss

OtomotifZone.com – Bogor. Hampir 1 bulan pengaspalan ulang yang dilakukan oleh H. Tinton Soeprapto sebagai pemilik sirkuit Sentul International Circuit (SIC), Bogor. Sirkuit ternama di tanah air ini telah rampung dikerjakan alias sudah selesai di renovasi. Sepanjang 4 km lebih aspal baru yang diinginkan sebagian besar pelaku balap atas kondisi sirkuit, menjadi kenyataan. Terbukti, ditandainya peresmian dibukanya kembali lintasan pada hari ini (15/11/2020), membuat optimis pembalap roda 4 dan roda 2 yang vakum selama hampir 1 musim.

Acara peresmian ini dihadiri langsung oleh jajaran manajemen PT Sentul, Racing commite, perwakilan IMI DKI serta undangan khusus. Dengan pengaspalan baru ini diharapkan bisa melahirkan kembali lebih banyak pebalap papan atas asal Indonesia.

“ Sentul International Circuit telah menelurkan puluhan pembalap Indonesia berbakat mulai era 90 an saat dibuka pertama kali. Bagi mereka yang telah berhasil maju ke tingkat yang lebih tinggi, mempunyai prestasi yang kredibel saat ini. Mengingat SIC pernah disambangi kejuaraan Asia dan Internasional seperti MotoGP di tahun 1996 silam. Prestasi yang ditorehkan baik pembalap mobil bahkan motor dengan presentase yang nyaris berimbang menjadi nilai plusnya. Jadi bukan hanya mimpi semata ,” ujar Tinton kepada penulis langsung.

Wah gile bener. Tapi sebenarnya sirkuit ini sudah rampung beberapa waktu sebelumnya. Namun memang peresmian baru bisa dilakukan hari ini. Dan tidak hanya aspal saja, pihak Sirkuit juga menambahkan beberapa perlengkapan baru untuk sirkuit tersebut. Yang mana membuat sirkuit semakin baik dari segi fasilitas.

“ Fasilitas penunjang sirkuit yang ikut menambah wajah SIC yang lebih wah. Diantaranya pagar BRC yang berdiri diatas tembok pit lane. Idenya mengambil gaya sirkuit dunia yang telah lama menggunakannya. Jadi selebrasi yang dilakukan oleh pembalap juga bisa diluapkan kegembiraannya oleh tim mekanik yang mengawal pembalapnya dalam perlombaan hingga finish,” jelas Tinton.

Lanjutnya,“ Sebanyak 28 titik kamera CCTV telah terpasang diberbagai sudut lintasan hingga luar lintasan. Investasi kabel optik senilai Rp. 700 juta membuat pengawasan dalam setiap perlombaan yang dilakukan racing commite menjadi lebih mudah dalam membuat suatu keputusan saat balapan. Jadi pembalap yang bermain kurang sportif tetap akan bisa terpantau, kemudian akan diberikan sangsi sesuai regulasi yang berlaku, “ tutup pria berpakaian necis ini.

Penulis : Maleha/Dewa

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.