Sparepart Bekas Jadi Peluang Bisnis Baru di Jayapura Khususnya Bagi Ahmad Khairudin

0
1258
sss

OtomotifZone.Com – Jayapura. Peluang bisnis perbengkelan di tanah air kini kian tumbuh pesat dengan keuntungan yang cukup menggiurkan untuk jangka panjang terutama bengkel variasi dan di tunjang fasilitas service kendaraan sekaligus, namun hal ini berbeda bagi Ahmad Khairudin sebab dirinya memilih berbisnis dengan menjual sparepart bekas dan kini usaha itu selalu ramai dikunjungi para calon pembeli dari berbagai Kota di Papua yang mencari sparepart untuk motornya terlebih lagi barang yang sudah tidak di produksi lagi.                                                                               

Setelah puas 17 tahun lebih bergelut sebagai mekanik, Ahmad yang sering di sapa Amad Akang, setahun terakhir akhirnya memberanikan dirinya menggeluti & membuka usahanya sendiri dengan bengkel sederhana ruko berukuran 5X4 meter di daerah Yahim Sentani kabupaten Jayapura. Yang menariknya ia justru tertantang tidak membuka bengkel variasi pada umumnya namun ia mencoba menjual barang rosokan yang mana di pulau Jawa lebih dikenal dengan sebutan barang loakan.

Bermodalkan rupiah dan kendaraannya paruh waktunya ia berburu barang bekas ke setiap penjuru penampung besi tua maupun bengkel rekanan yang ada, kemudian di kumpulkan dan selanjutnya dijual kembali kepada konsumennya yang rata-rata anak motor maupun komunitas motor yang ada di Jayapura, tentu ini hal baru di temukan di beberapa kota di Papua dengan ketersediaan barang bekas layak pakai yang di jual kembali.

 “ Barang yang saya jual rata-rata 60-80 persen kondisinya masih bagus saya kumpulkan dan jual kembali ke teman-teman awal mulanya sejak saya bekerja di bengkel sebelumnya tapi lama kelamaan kebutuhan pelanggan disini juga semakin banyak akhirnya saya berfikir bagus juga membangun bengkel rosok disini selain hasilnya lumayan sekalian itu juga bisa membantu teman-teman yang membutuhkan barang yang susah di cari dan sudah tidak di jual lagi, dan pastinya harganya bersahabat lah, selama itu alhamdulilah selain saya menjual spare part maupun variasi bekas dan juga menjual motor bekas terutama motor tua dan membuka servis harian disini, selain onderdil motor. ” Buka Amad Akang

Dan semakin berkembangnya usaha yang ia tekuni membuat dirinya termotivasi untuk menjual barang barang rosok untuk mobil dan berbagai sparepart lainya.

Penulis & Amad Akang

” Sekarang barang bawaan mobil atau barang apa saja mulai saya jual, untuk menunjang harga biasanya sebelum di jual ada barang kondisinya kurang menarik saya perbaiki sedikit dan mengecat sebelum di jual kembali, harapan saya agar image barang rosok ini tidak identik seperti barang loakan yang sering di nilai negatif saya juga akan mengurus perijinan tempat usaha saya nantinya“ ungkap pria 32 tahun. 

Nah bagi otozoner di papua khususnya di kota/kabupaten Jayapura yang ingin berburu atau mencari spare part/variasi motor bekas maupun motor lawas, bisa singgahi nih bengkel milik Amad Akang di : Rosok Motorjalan Pasar lama Yahim Sentani Kabupaten Jayapura Hp/WA : 0813 4444 4342                                        

Penulis  /  foto : Alpacino

Imola Syndrome