Ternyata Ini Yang Jadi Pembeda Antara Moto3, Moto2 Dan MotoGP

104
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Bagi penggemar ajang balap motor level tertinggi kelas dunia, pastinya lebih tertarik dengan MotoGP ketimbang dua kelas lainnya yaitu Moto2 dan juga Moto3. Padahal dari dua kelas tersebut merupakan cikal bakal bagi pembalap di kelas para raja alias MotoGP ini berkiprah. Dan perlu di ketahui pula jika sebelumnya ketiga kelas ini semula namanya adalah kelas 125 cc, kelas 250 cc dan kelas 500 cc.

Seiring perkembangan jaman dan teknologi pada pertengahan era tahun 2000-an hingga sekarang, mulai dilakukan pergantian kelas baik nama maupun aturannya yang secara signifikan pada tiga kelas ini. Untuk kelas 125 cc ditiadakan dan namanya berganti jadi Moto3 yang menggunakan mesin dengan kapasitas 250 cc, lalu Moto2 terapkan mesin 765 cc, dan kelas 500 cc menjadi MotoGP dengan kapasitas mesin 1000 cc. Dan hal ini yang belum banyak diketahui secara umum mengenai apa saja yang menjadi pembeda di kelas-kelas tersebut.

Untuk lebih jelasnya bisa disimak pada video teaser yang dirilis oleh akun resmi MotoGP, yang menampilkan perbedaan antara ketiga kelasnya ini. Yang pertama terkait soal rangka pada ketiga kelas ini, ternyata semuanya menggunakan Chassis Prototype yang sama. Selanjutnya pada bagian mesin adanya kesamaan antara Moto3 dan MotoGP yang menerapkan engine prototype. Maksudnya untuk tim pabrikan bebas menentukan mesinnya namun yang diterapkan adalah 1 silinder untuk Moto3 dan 4 silinder untuk MotoGP.

Sedangkan Moto2 menggunakan engine production-based yaitu pabrikan harus punya mesin yang sama dan sudah ditentukan oleh penyelenggara. Moto2 biasanya menggunakan mesin Triumph 3 silinder dan itu semua digunakan oleh pabrikan yang ikut balap. Dari segi power mesin pun antara ketiga kelas ini memiliki pembeda yang jelas, diantaranya Moto3 punya tenaga pada mesin motor hingga 60hp atau horse power. Moto2 sekitar 140hp, dan untuk MotoGP 250hp.

Berikutnya di soal berat beban alias bobot pada tiap kelasnya yang juga berbeda. Pada Moto3 ini berat minimum baik itu pembalap dan motor mencapai 152kg, lalu pada Moto2 berat minimum pembalap dan motornya 217kg, dan pada MotoGP hanya motornya saja yang dihitung dan minimumnya 157kg.

Untuk kecepatan alias top speed pada masing-masing motor juga berbeda. Untuk Moto3 top speednya 245km/h, kemudian Moto2 295km/h, dan MotoGP 350km/h.

Itulah garis besar yang diterangkan dari video teaser dan jadi pembeda di kelas Moto3, Moto2 dan MotoGP dan belum banyak diketahui secara jelas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.