Tips: Jangan Lupa Cek Kendaraan Sebelum Mudik

0
509
sss

OtomotifZone.com-Bandung. Kendaraan memang seharusnya mendapatkan perawatan yang layak selain servis berkala penggunaan kendaraan pun sangat mempengaruhi kualitas kendaraan dalam jangka penggunaan tertentu yang dikaitkan dengan jangkauan jarak kendaraan tersebut. Nah dalam kesempatan kali ini OtomotifZone.com memberikan tips dan pengingat agar perjalanan mudik anda selamat serta nyaman sampai tujuan, diantaranya :

  1. Tune Up + Ganti Oli
    Tune Up merupakan hal yang sangat penting saat akan melakukan perjalanan panjang terutama untuk pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. Tune Up itu sendiri adalah mengembalikan kondisi kendaraan khususnnya engine ke settingan awal mula yang ditentukan oleh pabrikan kendaraan tersebut. Yakinlah bahwa anda tidak menginginkan hal yang tidak diinginkan saat diperjalanan salahsatunya mogok ditengah perjalanan apalagi mogok dalam keadaan lalulintas macet. selain merugikan diri sendiri karena waktu tempuh akan semakin lama dan juga dapat merugikan pengguna jalan yang lain karena terhambat oleh mobil anda.
    Ganti Oli biasanya sekalian dengan tune up Engine agar kembali segar bugar.
  2. Kampas Rem
    Kampas Rem salah satu kegunaan terpenting untuk memperlambat kendaraan. kualitas kampas rem yang baik juga akan mempengaruhi pengereman itu sendiri. Kampas rem yang kurang baik biasanya dalam pemakaian 1 hari akan masih terasa licin atau tidak dapat melakukan pengereman dengan baik.
  3. Lampu
    Lampu dibagi menjadi 2 kegunaan saat siang dan malam. kondisi siang hari untuk kendaraan roda 4 tidak diharuskan untuk menyalakan lampu, namun untuk kendaraan roda 2 wajib menyalakan lampu utama kendaraan tersebut.
    Kondisi malam hari untuk semua kendaraan sudah memang tidak dapat dilanggar dengan adanya penggunaan lampu utama. pasalnya jika kendaraan roda 4 tidak dinyalakan lampu utama, pengemudi lain akan susah menyimpulkan kondisi jalan apakah ada kendaraan lain atau tidak. bahkan yang tidak kalah berbahayanya adalah lampu kendaraan mati sebagian (PICAK). Lampu Picak ini sangat sering membuat pengemudi lain jantungan saat kendaraan sudah mulai mendekat karena perkiraan pengemudi lain tersebut adalah Sepeda motor yang hanya memiliki 1 lampu utama.

Keamanan dan kenyamanan berkendara merupakan hal yang sangat penting dalam kepuasan di perjalanan terutama untuk para pembaca yang akan melakukan mudik ke kampung halaman masing masing.

Pastinya, jaga keselamatan berkendara bagi para pembaca setia otomotifzone.com semoga sampai dengan selamat sampai ke kota tujuan anda.

Penulis: Ajie Nur Syamsi | Foto : Dok OZ

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.