Turing Motor Jarak Jauh, Wajib Perhatikan Ini!!

0
19
sss

OtomotifZone.com – Jakarta. Hello bagi kalian yang ingin berpergian atau turing jarak jauh menggunakan sepeda motor, wajib perhatikan beberapa hal ini. Sebab sangat penting bagi sobat otozoner agar tidak mendapat kendala selama di perjalanan. Penulis sendiri memiliki banyak narasumber yang sudah terbukti dan merasakan hal tersebut. Mereka adalah para pasukan Kawahara Racing yang sudah pernah melakukan perjalanan jauh hingga ke titik 0 kilometer di Sabang, Aceh, dan sekarang ini mereka sedang melakukan turing ke arah timur tepatnya Timor Leste.

Kebetulan, penulis juga ikut dalam perjalanan kali ini dan merasakan sendiri riding hingga ribuan kilometer. Dan selama menjalani turing, pasukan Kawahara ini selalu membawa serta crew mekanik balapnya untuk antisipasi hal yang jadi kendala selama di jalan. Penulis lantas mencoba menanyakan persiapan yang dilakukan sebelum berangkat pada motor yang akan dibawa.

“Jadi sebelum berangkat kita cek dulu semua bagian di motor terutama pada mesinnya dulu. Periksa pula dsri hal kecil semisal baut – baut roda jangan lupa kita pastikan dalam keadaan kencang. Lalu oli juga perlu di cek, mas. Lantas sebelum berangkat ganti oli sebelum jalan,” ujar Saido salah satu crew yang ikut.

Oli memang sangat penting, sebab pelumas mesin ini cukup vital di dalam melumasi semua komponen di bagian dalam mesin. Karena jika tidak terkontrol maka akan membuat perjalanan turing jauh menjadi terganggu. ” Dan di setiap perjalanan harus kita cek terus. Karena mesin akan panas dan biasanya oli ikut menguap sehingga di khasatirkan olinya berkurang. Tidak lupa kita cek juga ban kondisi ban, terlebih dengan tekanan anginnya,” jelas pria berasal dari Yogyakarta ini.

Saido, mekanik Kawahara, sebelum berangkat cek dulu semua.

Jangan sampai tekanan angan pada ban jadi berkurang saat digunakan, karena itu bisa berbahaya saat dipakai. Apalagi jalur turing yang akan kita lewati jalannya tidak di ketahui dan sama sekali belum pernah kita lalui.

Semoga tips singkat ini akan menjadi bekal pengetahuan dalam pelajaran buat kita selama turing nanti. Selama turing nanti perhatikan juga untuk menjaga keamanan dan taati peraturan lalu lintas.

Penulis : Dewantara | Foto : Dewantara

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.