Fungsi Dari Penggunaan Undercowl Pada YCR Boyolali 2020, Sebagai Variasi Atau Safety?

0
1640
sss

OtomotifZone.com – Boyolali. Keamanan dan kenyamanan bagi pembalap tentunya menjadi point penting di setiap balapan berlangsung, tidak hanya dari sisi keamanan pakaian balap (wearpack), helm, sepatu balap dan sarung tangan balap saja tetapi juga dari segi keamanan tunggangan dari masing-masing pembalap.

Jika dicermati sisi keamanan dan kenyamanan pada motor tak hanya dari suspensi, ban, tetapi juga yang terbaru dan baru diwajibkan pada ajang balap nasional dan pada balap YCR 2020 kali ini adalah penggunaan undercowl dan lampu safety belakang ketika balapan disaat hujan.

Ternyata fungsi dari kedua komponen tersebut sangat penting, dimana undercowl berfungsi sebagai penahan atau wadah oli agar tidak tercecer di sirkuit ketika terjadi insiden di tengah-tengah balapan berlangsung. Pun dengan lampu belakang yang digunakan pada saat balapan kondisi hujan yang ternyata sangat membantu pembalap yang berada dibelakang pembalap lainnya untuk mengetahui motor dari pembalap yang di depannya.

lLampu safety

Bukan hanya sebagai variasi semata ya Otozoners fungsi dari undercowl dan lampu belakang tersebut, dan tentunya juga regulasi balap nasional bisa dibilang sudah menerapkan regulasi dari ajang balap internasional seperti ARRC yang sudah mengharuskan motor-motor yang bermain di UB150 untuk menggunakan undercowl.

Penulis : Sigit | Foto : Sigit

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.