Wahana Baru Bikin Geger Dengan Mesin Injeksinya di Satlantas Tangerang Selatan

0
1034
sss

Otomotifzone.com –Banten Siapa tidak kenal dengan tim Wahana Baru Motor Bandung. Tim asal Jawa Barat yang terkenal di lintasan 201m. Tim yang digawangi oleh Popo selaku mekanik ini juga lebih terkenal dengan kuda pacu Matic.

Kali ini, mereka menjajal armada lama teknologi baru. Yaitu kuda pacu karburator yang mereka rubah dengan teknologi Injeksi. Ini sekaligus membuat orang penasaran dan Wahana Baru bikin geger dengan mesin Injeksinya (28/1) di Satlantas Tangerang Selatan

Ini memang bukan pertama kalinya kuda pacu karburator dirubah menjadi injeksi. Sebelumnya ada kuda pacu Vincent garapan Tonk Sonic. Namun kali ini Wahana baru kembali geger. Terutama di babak penyisihan Matic 200 cc. Kuda pacu yang dipecut oleh Lokal Hero Tangerang Selatan, Osenk Tanxian mampu berada di urutan kedua.

Popo Mekanik Wahana Baru Motor Bandung (Kanan) dan Osenk Tanxian (Kiri)

“ Enak mas ini motornya . Karakter bawanya hampir sama dengan motor karburator mas tidak jauh beda. Buka bukaannya juga sama atur RPMnya juga sama. Tapi sepertinya di puataran atasnya masih kurang mas,”ujar Osenk Tanxian langsung ditemui oleh Otomotifzone.com

Ketika babak penyisihan sendiri kuda pacu ini mampu berada di posisi kedua dengan raihan waktu 7.927 detik . Namun sayang, pada babak final kuda pacu alami kendala yang membuat Osenk tidak dapat melanjutkan balapan. Padahal kuda pacu ini bisa menjadi ancaman serius di kelas bergengsi ini.

throttle body Satria FU Injeksi dan Fuel Pump Vixion

“ Waduh saya juga belum tau ini mas motor kenapa bisa seperti itu. Padahal sebelumnya tidak ada masalah mas. Tadi coba di Pedok juga tidak ada masalah mas,” terang Popo sang Mekanik.

Pasti menjadi pertanyaan bagi kalian apa si daleman dari kuda pacu tersebut. Popo sang mekanik menjelaskan tidak banyak perubahan. Terutama di bagian mesin matic 200 cc tersebut. Hanya saja perubahan besar dari Karburator menjadi Injeksi.

“ Kalau mesin kita pakai mesin lama ya mas. Kalau ini kita rubah dari Karbu ke throttle body. Kita pakai throttle body Satria FU Injeksi. Karena TB Satria ini samai 32 mas. Kita samakan dengan karburator sebelumnya kita pakai 32. Magnet kita gunakan Mio J koil kita pakai Vario 125,” jelas Popo.

Lanjut sang mekanik,” Kita andalkan ECU APITEK dan kita pakai Fuel Pam punya Yamaha Vixioan. Kita siapkan mesin ini dari bulan 10 tahun 2017 mas. Saat ini power mesin masih besar ketika pakai karbu tapi HP dan torsi lebih besar Injeksi mas,”

Popo sendiri masih belum puas dengan hasil. Bahwasannya menurut Popo kuda pacu ini masih belum sempurna. Meski banyak keunggulan dari mesin barunya itu. “ Kita akan kembali riset mas. Terutama dari intek mas, kita akan mencoba intek standar mas seperti standar injeksi. Kalau sekarang TB menghadap atas dan ini kita akan rubah menghadap ke belakang mas seperti stndar. Keuntungan saat ini motor malah lebih irit. Join 2 sama setting saja kita pakai VP habis 100 mm, biasanya sampai 250 sampai 300 mm,” tutup ayah dua anak tersebut

Penulis : Dewantara  | Foto : Dewantara

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.