X-Pro Papua Resmikan Dan Lakukan Ujicoba Sirkuit California

2
1096
Sirkuit California Dedy MX Arso 4 Kabupaten Keerom-Papua
Sirkuit California Dedy MX Arso 4 Kabupaten Keerom-Papua
sss

OtomotifZone.Com – Keerom. Hampir setahun gelaran event di bumi Cendrawasih (sebutan lain untuk Propinsi Papua), terasa mati total tanpa adanya kegiatan resmi ajang otomotif sedikitpun yang ditiadakan disebabkan dampak dari pandemi Covid-19.

Namun kali ini para penggiat otomotif yang tergabung dalam wadah Xrider/Executive garuk tanah (X-Pro Papua) membangun sarana sirkuit guna mengaktifkan kembali kegiatan balap terutama ajang grasstrack yang telah lama vakum dan kurang mendapat ruang bagi para penikmatnya selama kurang lebih 6 bulan sejak adanya pandemi. Sirkuit California Dedy MX Arso 4, Arsopura/Saefen 42 di Distrik Skanto, Kabupaten Keerom, Papua ini merupakan sirkuit baru yang dibenahi kembali oleh rekan-rekan dari X-Pro Papua dan terbilang lintasan balap dengan standarisasi Nasional dan sudah bisa digunakan untuk menggelar kompetisi.

klub prestasi maupun tim grasstrack yang ikut langsung mencoba jalur layout sirkuit California
Klub prestasi maupun tim grasstrack yang ikut langsung mencoba jalur layout sirkuit California

Selama 2 pekan lalu dilakukan pembenahan sirkuit dan sebelumnya sudah rutin diadakan latihan bersama oleh rekan-rekan X-Pro Papua. Mnggu (1/11/2020) kemarin, sirkuit California ini telah diresmikan yang di hadiri serta di saksikan anggota X-Pro Papua, perwakilan dari Pengurus IMI Korwil Keerom, serta beberapa klub prestasi maupun tim grasstrack yang ikut langsung mencoba lintasan.

Peresmian Sirkuit California Dedy MX Arso 4, Arsopura/Saefen 42 di Kabupaten Keerom, Papua ini di awali ungkapan syukur dan pembacaan do’a yang ditandai dengan pemotongan tumpeng serta gunting pita oleh pemilik lahan beserta Ketua X-Pro, perwakilan IMI Korwil Keerom yang di buka untuk umum dengan kegiatan uji coba lintasan untuk dapat mengevaluasi kekurangan dari sirkuit.

Dari hasil uji coba ini para undangan yang berasal dari klub/tim balap yang ikut diberikan piagam penghargaan serta mendapat paket berupa hasil kebun sebagai tanda ucapan terima kasih dan partisipasinya menghadiri kegiatan tersebut dari pemilik lahan dan juga pengurus X-Pro Papua.

Ketua X-Pro Papua Suyadi (kiri) & Dedy
Ketua X-Pro Papua Suyadi (kiri) & Dedy

“Peresmian ini wujud kepedulian insan otomotif kami selaku mantan pembalap garuk tanah yang ingin memberikan motivasi kepada pak Dedy yang telah memberikan lahannya dan mempercayakan kami untuk membenahi serta mengaktifkan kembali kegiatan grasstrack dan motocross di tanah Papua. Kami berharap sirkuit ini dapat di gunakan untuk generasi muda di Kabupaten Keerom agar dapat memanfaatkan sebagai sarana latihan dan yang terpenting sirkuit kebanggaan ini dapat melaksanakan event balap resmi nantinya,” tegas Suyadi, Ketua X-Pro Papua.

Area tempat parkir yang cukup luas
Area tempat parkir yang cukup luas

Sirkuit California Dedy MX Arso 4 berada diatas lahan tanah seluas 2 hektar yang di kelilingi kebun buah Pepaya jenis California milik dari Dedy yang juga anggota X-Pro Papua untuk di jadikan lintasan grasstrack, dengan panjang 1,150 meter. Menariknya lagi lintasan ini sedikit berbeda dengan sirkuit kebanyakan di Papua yaitu terdapat landscape yang di kelilingi oleh pepohonan, kebun buah, kolam ikan serta area paddock dan tempat parkir yang cukup luas.

“Karena kesukaan saya dengan balap tanah maka saya bangun sirkuit ini untuk dapat mengarahkan para pemuda disini supaya bisa berprestasi dan melakukan kegiatan positif. Selain itu kami ingin daerah kami di wilayah Kabupaten Keerom ini bisa di kenal luas lagi oleh masyarakat Papua lainnya maupun daerah luar terutama dari ajang otomotif maupun hasil agrobisnisnya. Sirkuit kebanggaan masyarakat Arso 4, Arsopura/Saefen 42, ini dinamai oleh rekan-rekan X-Pro Papua karena melihat adanya sekeliling sirkuit pohon pepaya California,” kata Dedy.

Peresmian Sirkuit California di tandai syukuran dan pemotongan tumpeng dan pita
Peresmian Sirkuit California di tandai syukuran dan pemotongan tumpeng dan pita

“Kami dari IMI Korwil Keerom mendukung apa yang dilakukan oleh X-Pro dan memberikan apresiasi kepada Pak Dedy telah menyiapkan lahan untuk sirkuit. Kami akan terus mendorong kepada klub-klub yang ada di Kota/Kabupaten Jayapura lainnya untuk bersama-sama dalam menghidupkan kembali otomotif terutama ajang balap garuk tanah ini. Semoga Otomotif di Keerom bisa maju lagi. Meski di satu sisi ada perbedaan tapi diharapkan organisasi dan juga kegiatan otomotif tidak jalan karena perbedaan tersebut,” ungkap Eko Ardiansyah, selaku Ketua Bidang Olahraga Sepeda Motor IMI Korwil Keerom.

Kita tunggu saja perkembangan garuk tanah dan otomotif di Papua kembali berbenah, serta bisa menggelar ajang balapan resmi yang di motori X-Pro Papua serta jangan lupa update beritanya di OtomotifZone.Com yah Otozoner.

Penulis/Foto : Alpacino | Editor : Obeth

Imola Syndrome

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.