Yamaha F1ZR JS Putra Klaten, Tanda 2T Masih Ampuh Di Grasstrack

0
11287
sss

OtomotifZone.com-Solo. Kelas Bebek Standar Pemula adalah kelas yang tak kalah seru pertarungannya. Hampir pembalap pemula sekarang pindah ke mesin 4-Tak. Regulasinya pun sampai 130cc. Asal karburator standar sudah di cap standar. Tapi perseteruan abadi 2-Tak versus 4-Tak masih langgeng di kelas ini. Settingan 4-tak hampir menyentuh total Tune-Up. Sementara 2-Tak hanya sebatas poles lubang.

Contohnya motor Prima Laksana dari team JS Putra Klaten milik Eko. Pembalap asal pantai Glagah Jogjakarta saat event Grasstrack sirkuit Option, Plesungan, Karanganyar kemarin sanggup leading 10 detik meninggalkan rombongan 4-Tak. Seperti Inggil#111, Yeni Oreo, Bayu Seto dan beberapa mesin 4-Tak baru yang lebih gila lagi sebenarnya. “Ya alhamdulillah. Kemarin lagi fit kondisi motor sama orangnya. Jadi balapnya bisa stabil terus. Habis di service lebih enak bawa nya. Motor jalan terus di sirkuit ini gak banyak main selip kopling karena straightnya panjang. Main kopling cuma di sirkuit yang tikungannya patah-patah saja,” kata Mamo.

Mamo, fisik dan motor sama-sama prima.
Mamo, fisik dan motor sama-sama prima.

Behind the mas, eh salah. Behind the man alias orang di belakangnya tak lain adalah master bebek standar Grasstrack from kota susu Boyolali mister Budi Santoso. Paling nggak kenal dengan nama ini. Kalau Pak Ucok Manual Speed pasti langsung paham orangnya. Untuk bertahan bahkan ngibrit leading sampai 10 detik di depan meninggalkan serangan mesin-mesin 4 tak bore-up sampai 130cc ada setting khusus kayaknya. Trik khusus pasti ada.

Pak Ucok Manual Speed

“Semua satu kesatuan, tidak ada satu kuncian pokok settingan mas,” buka Pak Ucok. Kalau 4-Tak bisa terdorong part yahud seperti piston jenong atau forged. ” mulai dari Karbu di isi Pilot jet 40 dan main jet 135. Reamer 22mm, untuk lubang ke manifold reamer 27mm. Lubang manifol di kecilkan supaya pengabutannya fokus,” katanya untuk urusan karburator. Skep biasanya Pak Ucok modif dikit pakai Suzuki Tornado. Agak besar, lubangnya turut di poles dikit. Reamer tipis bos..

Reamer tipis lubang depan belakang dan atas.
Reamer tipis lubang depan belakang dan atas.

Memasuki daleman mesin tak banyak modif. Namanya 2 Tak standar mau di apain. Rasio gak boleh di utak atik. Lanjut sambungan dari karburator tadi yaitu membrannya. Tetap tidak mengubah bentuknya. “Piston Oversize 100 dengan memapas 4mm,” sambung pria sedikit tambun ini. Ajian lama 2 stroke dengan kampas kopling Suzuki FR juga di terapkan pada motor Mamo. “Bandul ikut di balance juga mas,” ujarnya. Sampai nyangkut ke pembuangan, leher knalpot direamer juga. “Knalpot di reamer dan leher di majukan sekitar 2cm. Perut juga di Bobok berikut silincernya,” tutur warga Posong, Kemusuk, Boyolali tersebut. Diakhiri final gir 12-50 dan kaki-kaki kuat membuat setelan pas dengan gaya Mamo yang mulai sedikit liar.

Kayaba Red, cocok untuk siapa saja.
Kayaba Red, cocok untuk siapa saja.

Data Modif :
Shock dpn : Yamaha TTR
Shock blkg : Kayaba Red
Frame : 107
Alamat Bengkel :
Manual Speed -Pak Ucok (082210704495)
Keposong, Musuk, Boyolali, Jawa Tengah

Penulis : Hafid | Foto : Hafid

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.