Yamaha F1ZR 2003 Ngawi, Bangkotan Terawat Jawara 2T Kelas Standar

0
2784
sss

OtomotifZone.com-Ngawi. Sejarah motor Yamaha F1ZR 2003 Ngawi ini OZ tahu betul. Sejak Eko Komplonk si pemilik masih balap sampai di pakai beberapa pembalap dari 2014 hingga balapan Minggu awal bulan Agustus 2017 lalu pada Indiel Grasstrack sirkuit Alam Indah Regunung – Salatiga.
Kelas baru khusus Bebek Standar Pemula 2Tak motor ini berhasil jadi yang tercepat tak terkejar. Malah mengejar. “Aku lap pertama jatuh. Melorot ke posisi lima mas. Tetapi satu lap bisa tak kejar,” cerita Kiky Cahya Andika yang menjadi pembalap motor ini bersama team UD Hasil Bumi Art Industries mBendol Speed Ngawi.
Gasingan motor F1ZR 2003 ini kenceng banget di tangan Kiky. Korekan Budi Santoso lewat bengkel Manual Speed Keposong, Musuk, Boyolali yang sejak dulu merawat kekencangan motor ini sejak pertama kali dibuat bareng tunggangan Dedy Brekele saat itu bersama Star Steak HTJRT Manual Speed era Kejurnas Grasstrack 2014.

Pak Ucok, setting 2 stroke banyak main feeling.

“Cuman perawatan saja. Selalu rajin ganti part sebelum aus. Soalnya yang punya mintanya selalu siap, kerusakan dikit minta ganti.” ujar Ucok, mekanik yang lebih umum dengan panggilan ini.

Kondisi mesin yang selalu terawat.

Eko Komplonk memang pemilik yang nggak mau ada part error di motor F1ZR nya. Semisal silinder head sudah nggak beres buru-buru ganti baru. Karburator susah setelannya ganti baru. Pokoknya jangan sampai ada rasa nggak enak.
Aplikasi settingan sama dengan motor-motor
mulai dari Karbu di isi Pilot jet 40 dan main jet 135. Reamer 22mm, untuk lubang ke manifold reamer 27mm. Lubang manifol di kecilkan supaya pengabutannya fokus. Ciri khas Manual Speed adalah dengan meluruskan lubang masuk dari membran ke ruang bakar yaitu dengan menghaluskan benjolan jalan masuk bahan bakar di crankcase. Piston standar oversize 50 dirasa sudah cukup. Balancer tambahan di blok kanan juga masih di terapkan.
“Pada settingan kali ini punya jurus baru. Bandul bagian dalam yang coak saya popok pakai las alumunium. Biar agak berat dan makin bergasing putarannya. Sedangkan silinder pada lubang buang di buat oval. Hasilnya lebih bengis..” penuturan Pak Ucok.

Ini dia kreasi baru by Manual Speed. Bobok bagian kosong bandul dengan las alumunium.
Memperlancar aliran bahan bakar dengan meringkas alur bbm di crankase.
Balancer tambahan.

Rubahan body di serahkan sama Eko Komplonk. Cover seat YZ lama di ganti YZ85 baru. Cat ulang dengan material bagus. “Shock depan ganti KLX sedang shock belakang pakai Kayaba copotan motor Kawasaki tapi lupa motor apa,” ujar Eko.

Shock belakang Kayaba copotan Kawasaki.

Walaupun motor lelah sejak balap 2014 namun selalu terawat. Hasilnya tetap bisa juara. Saat tulisan ini di ketik Eko bersama Kiky Cahya Andika sedang bongkar motor buat race selanjutnya. “Prepare Grasstrack Gunung Kidul..” kata Eko lewat WhatsApp. Hehe…

Eko Komplonk, Pak Ucok dan Kiky Cahya Andika di bengkel Manual Speed hari ini (8/9). Prepare Grasstrack Gunung Kidul.

Data modifikasi :
Shock Depan : KLX
Shock Belakang : KYB Black
Alamat Bengkel :
Manual Speed -Pak Ucok (082210704495)
Keposong, Musuk, Boyolali, Jawa Tengah
Penulis : Hafid | Foto : Hafid

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.