Yamaha Tour de Soul: Group Utara Telah Tempuh 1300 km

0
7789
Yamaha Tur de Soul Jakarta-Bali saat melewati Paiton, Probolinggo, Jawa Timur
sss

OtomotifZone.com – Banyuwangi. Touring Yamaha Tour de Soul 125 Moments To Go sudah memasuki hari keenam, Kamis(9/4) dan telah menempuh 1300 kilo meter (Jakarta-Taman Nasional Baluran), artinya tinggal sedikit lagi tim akan menyelesaikan turing yang dijadwalkan finish di Bali dalam 8 hari.

Setelah pada etape sebelumnya tim merasakan medan pegunungan, kali ini jalur yang dilalui oleh tim turing adalah jalur antara kota yang cukup panjang dan menguras tenaga. Bagaimana tidak, perjalanan yang ditempuh memakan waktu 10 jam (Bromo-Banyuwangi).

Perjalanan panjang yang menguras stamina
Perjalanan panjang yang menguras stamina

Jalur terberat yang harus dilalui tim adalah saat memasuki Taman Nasioanl baluran(Pos Pertama-Pantai Bama). Di Jalur ini rider dan motor Yamaha All New Soul GT harus melewati jalan makadam sepanjang 30 kilo meter(Pulang-Pergi).

 Lina Dempiyati, selaku PIC Yamaha Tour de Soul jakarta-Bali.
Lina Dempiyati, selaku Road Captain Yamaha Tour de Soul jakarta-Bali.

“Jalur etape VI kali ini cukup berat, setelah melewati jalur antar kota yang panjang, kami harus melewati jalur jalan makadam yang disertai genangan air dibeberapa jalan,” ujar Lina Dempiyati, selaku Road Captain (RC) Yamaha Tour de Soul jakarta-Bali.

“Kami senang bisa ikut Yamaha Tour de Soul. All New Soul GT benar-benar motor yang handal. Berbekal mesin 125cc yang dipadu sok beker yang nyaman, saat melibas medan jalan makadam, motor tetap tenang dan responsif. Satu lagi, meski menghajar jalan berlubang berkali-kali, sampai saat ini velg masih utuh. Ini berkat All New Soul GT memakai velg dan ban dengan tapak lebih lebar,” lanjutnya.

Jalur makadam sejauh 15 kilo meter harus ditempuh ulang-pergi oleh tim turing
Jalur makadam sejauh 15 kilo meter harus ditempuh pulang-pergi oleh tim turing

Teknologi Blue Core Yamaha, membuat mesin motor memiliki performa yang lebih tinggi, akselerasi meningkat, namun tetap irit bahan bakar.

Mesinnya lebih bertenaga dengan menggunakan offset cylinder yang mengurangi gaya gesek antara piston dan dinding silinder. Jarak pulley CVT lebih pendek, diameter pulley belakang lebih besar dan desain roller baru dan bobot roller yang lebih ringan, membuat mesin lebih bertenaga dan merata di tiap kecepatan.

Settingan gear baru membuat distribusi tenaga dari mesin tetap bertenaga di semua tingkat kecepatan dengan perpaduan gear ratio yang lebih ringan dan rancangan CVT terbaru yang lebih maksimal.

”Touring ini membuktikan tenaga dan handalnya mesin All New Soul GT berkat teknologi Blue Core serta DiAsil Cylinder dan Forged Piston. Ketahanan mesinnya di rute panjang ini membuat para peserta selalu lancar berkendara,” ujar Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Mohammad Masykur.

Saat waktu menunjukkan pukul 18:30 WIB, tim turing memasuki kota terujung di timur pulau Jawa, kota Banyuwangi. Kegelapan malam bukan menjadi halangan bagi rider, karena All New Soul GT dilengkapi fitur andalannya headlight LED.

Yamaha Indonesia telah menerapkan penggunaan lampu LED pada NMAX dan All New Soul GT. Pencahayaannya lebih terang dengan sinar warna putih yang keluar dan pemakaiannya awet.

“Lampunya tidak cepat panas, cahaya lebih fokus, kelistrikan lebih hemat. Jarak pandang jadi lebih jauh, tembus kabut seperti di Bromo,” ulas Weki Ardi, peserta Tour de Soul dari Yamaha Vixion Club Indonesia chapter Jakarta.

Setelah melewati perjalanan yang melehkan, tim pun beristirahat di Hotel Santika Banyuwangi, untuk memulihkan tenaga. Karena hari Jumat(10/4) pukul 4 pagi, tim harus bergegas menuju pelabuhan Ketapang agar dapat menyeberang ke Gilimanuk, Bali menggunakan kapal pertama.

Penulis: Hendra Sonie | Foto: HS

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.