Yang Baru dari Yamaha

0
1318
sss

OtomotifZone.com – Bandung. Yamaha kembali mengeluarkan motor baru YZF-R6, dengan mode mesin baru, kontrol traksi, ABS dan sistem suspensi yang diadaptasi dari YZF-R1. Motor supersport 600 cc tersukses dalam sejarah AMA Road Racing dan juga dengan style baru termasuk firing aerodinamis yang mampu mengurangi hambatan udara. Tanki bahan bakar alumunium ringan dan pencahayaan yang serba LED.

yamaha-yzf-r6-17_R6_Blue_a5-633x422

Spesifikasi YZF-R6

Tetap mengusung inline-four dengan 599 cc serta enam belas katup dan rasio kompressi yang tinggi 13,1:1. Dilengkapi dengan teknologi Yamaha Chip Conrolled Throttle (YCC-T) dimana sistem bahan bakar dikelola dengan tiga peta tahapan. Sistem kontroltraksi yang baru menawarkan enam tingkat intervensi. Sistem ini mengelola traksi dengan menyeimbangkan pembukaan throttle, waktu pengapian, dan volume bahan bakar.

Yamaha merancang TC untuk meminimalisir gangguan ketika kendaraan melaju dan juga beradaptasi dengan perubahan diameter ban dan grip. Namun Yamaha belum merilis angka tenaga pada motor ini. Power yang ditransmisikan ke dalam enam kecepatan dengan kopling slipper.

Deltabox frame alumunium R6 ini dipasangkan ke suframe magnesium baru. Kombinasi tersebut bertujuan untuk mengurangi berat keseluruhan sementara meningkatkan sentralisai massa. Tinggi seat didesain 85 cm dari permukaan tanah, ini sama dengan model keluaran terdahulu namun seat lebih datar dan mengerucut pada bagian depan.

Dikombinasikan dengan tanki bahan bakar yang didesain kembali guna memudahkan pengendara untuk bergeser dan cepat mentransfer berat badan ketika melakukan maneuver pada saat balap. R6 mewarisi fully-adjustable fork KYB 43 mm dari pendahulunya R1. KYB juga mensuplai shock piggyback pada bagian belakang yang menawarkan prereload empat arah dan redaman penyesuaian.Sistem pengeraman sama dengan R1, dengan empat piston radial-mount caliper untuk mencengkram disc dua depan 320 mm.

yamaha-yzf-r6-28black

Desain YZF-R6

Aerodinamis R6 ini di desain ulang untuk mengurangi 8% gaya drag pada kendaraan. Tampak depan masih terinspirasi oleh R1 dengan asupan udara mirip dengan Yamaha M1 pada MotoGP. R6 dilengkapi oleh lampu LED pada lampu tanda belok dan pada lampu belakang. Bagian lampu kepala menggunakan sepasang lampu LED.

Harga YZF-R6

Sementara untuk motor ini tersedia tiga pilihan warna yaitu Matt Black, Tim Biru Yamaha, dan Putih/Matte Silver. Harga yang dipasang untuk motor ini adalah kisaran 157 juta rupiah. Sesuai dengan teknologi dan fitur yang ada untuk harga tersebut bisa dibilang pantas.

Penulis: Budi Kurniawan | Foto: motorcycle.com

Imola Syndrome

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.